by

Cegah Kriminalitas, Dishub Cimahi Bakal Tambah Penerangan Jalan

BandungKita.id, CIMAHI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi merencanakan ada penambahan penerangan jalan tahun ini. Penerangan jalan sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas hingga kriminalitas di Kota Cimahi.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi, jumlah penerangan di Kota Cimahi mencapai 16.497 titik yang tersebar di 15 kelurahan. Termasuk di pemukiman padat.

Rincian penerangan yang sudah terpasang di antaranya 3.480 titik Penerangan Jalan Umum (PJU), 4.221 Penerangan Jalan Lingkungan (PJL) dan 8.796 Penerangan Jalan Gang (PJG).

“Belum (ideal), masih jauh. Kan pemukiman juga nambah terus,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Hendra Gunawan melalui Kepala Bidang Angkutan dan PJU, Sumanto, Selasa (23/2/2021).

BACA JUGA :

Dishub Cimahi Minta Truk Over Dimensi Dipangkas

Tahun ini, ungkap Sumanto, pihaknya berencana melakukan pemasangan penerangan jalan baru. Itupun hanya untuk PJL dan PJL. Estimasinya, PJL di 35 titik dan PJG di 504 titik di Kota Cimahi.

“PJG itu estimasinya 504 titik, PJL 31 titik. Kemampuannya itu, jadi penambahan PJU mah tidak ada,” terangnya.

Estimasi penambahan penerangan jalan itupun bisa saja berubah, yang tentunya akan disesuaikan dengan harga komponen terkini. Jumlah rencana yang akan dipasang itu dihitung diharga Rp 4 juta untuk PJG dan Rp 6 juta untuk PJL per titik.

“Nanti dipastikan dulu, kita belum survey harga. Jadi itu bisa nambah bisa kurang dan jadi belum dipastikan kapan,” ujar Sumanto. (*).

Sumber : Humas Pemkot Cimahi

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment