by

PPKM Level Diperpanjang Hingga 16 Agustus 2021

BandungKita.id, Jakarta – Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan PPKM Level 2-4 di Jawa-Bali hingga 16 Agustus 2021. Hal ini disampaikan langsung oleh Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin 9 Agustus 2021.

“Atas arahan Presiden RI PPKM Level 4, 3, dan 2 akan diperpanjang hingga 16 Agustus 2021,” katanya dikutip dari akun YouTube Sekretaris Kabinet RI, Senin 9 Agustus 2021.

Menurutnya, perpanjangan pemberlakukan PPKM Level ini dimaksudkan untuk menjaga tingkat penurunan kasus Covid-19 di Indonesia yang menyentuh angka 59,6 persen sejak puncak kasus pada 15 Juli 2021.

“Momentum yang sudah cukup baik ini harus terus di jaga. Terkait detail teknis perpanjangan PPKM, akan dituangkan dalam instruksi Menteri Dalam Negeri,” ucap Luhut.

Luhut menerangkan, keputusan ini dengan mempertimbangkan masukan dari berbagai pihak. Sehingga terkait detail pelaksanaan PPKM Level ini sudah disiapkan oleh sejumlah asosiasi mulai dari mall hingga perindustrian.

Sambungnya, sebanyak 26 kota dan kabupaten di Indonesia turun ke level 3, artinya ini menunjukan adanya perbaikan penanggulangan Covid-19 yang sudah cukup baik. Adapun indikator penurunan level ini, dilihat dari angka kematian pasien Covid-19 yang menurun signifikan.

“Laju kematian di Jawa Bali semakian menurun, meskipun jumlahnya fluktuatif di masing-masing provinsi. Penurunan kasus dan perawatan terjadi di aglomerasi Jawa-Bali. Kecuali di Malang Raya dan Bali, sehingga pemerintah akan melakukan intervensi agar laju pertumbuhan kasus menurun,” katanya.

BACA JUGA;

Satpol PP Kota Bandung Klaim Pelaksanaan PPKM Level 4 Berjalan Lancar

Pilkades Kabupaten Bandung Diundur Hingga Dua Bulan ke Depan

Angka Kasus Covid-19 dan BOR di Jabar Alami Penurunan

Luhut menambahkan, dari segi kepatuhan masyarakat dalam penerapan prokotol kesehatan mengalami peningkatan. Misalnya saja, penggunaan masker berada di angka 82 persen, atau naik lima persen dibandingkan bulan Februari hingga Maret 2021.

“Tracing dan testing jumlah spesimen dan orang yang di tes meningkat tiga lipat sejak Mei 2021. Kemudian untuk laju vaksinasi meningkat dari hari ke hari, hal ini membantu dalam pengendelian Covid-19 varian delta,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah memberlakukan penerapan PPKM Level sejak 21 Juli hingga 2 Agustus 2021. Kemudian diperpanjang kembali hingga 9 Agustus 2021. (Faqih Rohman Syafei/BandungKita.id) ***

Editor: Faqih Rohman Syafei

Comment