by

Permudah Pemantauan Program Pembangunan, Pemkab OKU Luncurkan Aplikasi Teman-Ku

BandungKita.id, Ogan Komering Ulu – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan telah meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pembangunan OKU atau Teman-Ku.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten OKU ini memudahkan dalam menginventarisasi, dan mengidentifikasi serta pemantauan program pembangunan yang berbasis informasi geospasial atau kebumian.

Pelaksana Harian (Plh) Bupati OKU, Edward Chandra mengatakan, aplikasi ini merupakan salah satu wujud dari pengembangan informasi spasial yang terintegrasi. Menurutnya, aplikasi ini memudahkan dalam proses perencanaan dan pengambilan kebijakan kedepannya.

“Aplikasi ini sangat membantu dalam pemetaan data, dan informasi berbasis spasial,” katanya dikutip dari kanal YouTube Dinas Kominfo OKU pada Jumat (3/9/2021).

Ia menerangkan, di era digitalisasi saat ini Pemerintah Kabupaten OKU mendukung penuh adanya inovasi dalam hal pembangunan sistem data informasi yang terintegrasi. Mengingat, permasalahan saat ini masih sulitnya akses terhadap data dan informasi.

Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya aplikasi ini bisa menjadi alat bantu dalam perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan dalam pelaksanaan kegiataan. Sehingga kebijakan yang diambil bisa tepat sasaran dan manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Diharapkan aplikasi ini dapat terus berkembang dan dapat digunakan secara maksimal oleh seluruh instansi Kabupaten OKU,” ucap Edward.

BACA JUGA:

Mudahkan Warga, Pemkot Bandung Kembangkan Aplikasi Informasi Layanan Rumah Sakit

Resmi, Fitur Cari Oksigen di Aplikasi Pikobar Diluncurkan

Kemendagri Luncurkan Aplikasi e-Perda di Jawa Barat

Sementara itu, Kepala Dinas Informasi (Kadiskominfo) Pemkab OKU, Priyatno Darmadi menyambut baik hadirnya aplikasi Teman-Ku. Diharapkan, bisa mempermudah dalam penyampaian informasi pembangunan dan pengambilan keputusan perencaan di OKU.

“Kami akan mendukung pengembangan aplikasi ini sehingga dapat lebih bermanfaat bagi OPD dan stakeholder lainnya,” katanya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pemkab OKU, Teddy Meilwansyah. Dikatakannya, adanya aplikasi ini membantu Disdik dalam pemetaan sekolah-sekolah yang ada di OKU. Hal ini membantu memudahkan dalam perencanaan kebijakan khususnya bidang pendidikan.

“Aplikasi ini diharapkan menciptakan data spasial yang bermanfaat bagi kami. Semoga ini bisa terus dikembangkan sehingga bermanfaat lagi bagi kami sehingga bisa menentukan arah kebijakan,” ujarnya.

Kepala Bapelitbangda Pemkab OKU, Gunawan Somad menerangkan, pengembangan aplikasi ini didasari oleh pentingnya informasi geospasial dalam rangka meningkatkan akses data dan informasi. Terlebih, sebelumnya dalam perencanaan pembangunan kerap terkendala dengan akses data yang terintegrasi

Diharapkan, aplikasi ini bisa menjadi instrumen penting yang digunakan dalam menentukan kebijakan. Sehingga dampaknya bisa dirasakan oleh semua pihak.

“Bisa jadi alat bantu dalam perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan dan pelaksanaan kegiatan dalam ruang kebumian dan geospasial,” pungkasnya. (Faqih Rohman Syafei/BandungKita.id) ***

Editor: Faqih Rohman Syafei

Comment