by

Asuransi ABDA Memberi Perlindungan Untuk Kendaraan Kesayangan

ADVETORIAL – Asuransi ABDA merupakan perusahaan asuransi umum yang dikelola PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk.

Untuk produk asuransi yang ditawarkan cukup beragam mulai dari asuransi kesehatan, rumah, harta benda, dan kendaraan bermotor.

Asuransi mobil ABDA sendiri termasuk produk unggulan yang diklaim memberikan manfaat lengkap. Sebut saja seperti pengantaran BBM, penggantian ban bocor, pengisian dan penggantian aki.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, cek dan pelajari polis asuransi ABDA yuk supaya Anda bisa memperoleh manfaat dan perlindungan optimal dari produk asuransi satu ini.

Beberapa asuransi kendaraan bermotor lainnya juga menawarkan perlindungan lebih, bahkan menyertakan perluasan seperti jaminan kerugian akibat bencana alam, huru-hara, terorisme, dan lainnya.

Untuk mendapatkan informasi tersebut, Anda bisa pelajari polis asuransi Astra.

Asuransi Mobil ABDA

Asuransi mobil ABDA menawarkan manfaat proteksi untuk kendaraan bermotor, dalam hal ini khususnya mobil.

Ditawarkan 2 opsi jaminan produk asuransi mobil yakni asuransi kendaraan komprehensif (all risk) dan asuransi kendaraan TLO (total loss only).

Salah satu keunggulan yang produk asuransi ini yaitu adanya layanan Road Side Assistance 24 jam yang siap memberi manfaat seperti yang sudah sedikit disampaikan sebelumnya.

Layanan ini membantu pemesanan dan pengantaran BBM, penggantian ban, hingga membuka pintu kendaraan saat tidak sengaja kunci tertinggal di dalam mobil.

Terdapat pula perluasan jaminan atau penambahan klausul di dalam polis asuransi ini agar bisa menjamin risiko kerusakan pada situasi tertentu.

Asuransi Komprehensif dan Asuransi TLO

Asuransi komprehensif menawarkan jaminan All Risk. Produk asuransi satu ini lebih cocok untuk kendaraan baru beli atau brand new dari pabriknya. Keuntungannya asuransi ini akan memberikan perlindungan secara menyeluruh mulai dari tergores, penyok, tabrakan, bahkan kehilangan.

Sementara asuransi TLO dengan perlindungan total loss only lebih tepat dipilih untuk kendaraan bekas atau kendaraan yang sudah lawas dengan usia di bawah 10 tahun.

Faktor Penentu Besar Premi Asuransi Kendaraan

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memaparkan, terdapat beberapa faktor penentu besar kecilnya premi, di antaranya:

  • Tipe kendaraan bermotor.
  • Usia kendaraan bermotor.
  • Kondisi fisik kendaraan bermotor.
  • Fungsi dan penggunaan kendaraan bermotor.
  • Lokasi penggunaan kendaraan bermotor.
  • Jenis pertanggungan.
  • Pengalaman peristiwa kerugian yang pernah dialami.

Dari beberapa faktor penentu di atas terdapat lokasi penggunaan kendaraan bermotor. Setiap wilayah memiliki risiko berbeda, sebagai contoh kota besar Jakarta memiliki risiko lebih besar dibanding daerah lain. Karena faktor tersebut, premi asuransi kendaraan di tiap-tiap wilayah memiliki nominal berbeda.

Siapa yang Membutuhkan Asuransi Kendaraan?

Asuransi kendaraan bermotor tidak hanya dibutuhkan oleh individu saja, tetapi juga suatu lembaga atau perusahaan seperti lembaga keuangan yang memberi kredit kepemilikikan kendaraan bermotor.

Produk asuransi mobil ditawarkan sebagai upaya memberikan perlindungan terbaik akan risiko yang tidak diinginkan.

Beberapa asuransi kendaraan bermotor lainnya juga menawarkan perlindungan serupa dan bahkan tidak sedikit pula menyertakan perluasan seperti jaminan kerugian akibat bencana alam, huru-hara, terorisme, dan lainnya.

Lembaga yang memberikan kredit kendaraan bermotor memang perlu menjaga asetnya selama cicilan belum lunas.

Beda lagi jika cicilan kredit sudah lunas, maka lembaga tersebut tidak lagi mempunyai kewajiban mengasuransikannya.

Di mana selanjutnya ini menjadi wewenang pemilik kendaraan untuk memperpanjang asuransi kendaraan bermotor mengikuti S&K berlaku.

Adapun yang perlu diketahui setiap pemilik asuransi adalah adanya biaya deductible per kejadian. Biaya deductible merupakan biaya pengajuan klaim akibat adanya kerusakan sebagian ataupun total.

Contoh kejadian kendaraan penyok, perusahaan asuransi tidak lantas langsung memberikan perbaikan atau penggantian kerugian. Anda sebagai pemegang asuransi akan diminta membayar sejumlah uang ketika mengajukan klaim. Adapun besar biaya deductible rata-rata Rp300 ribu per kejadian yang mana ini ditujukan agar pemilik kendaraan dapat berhati-hati sehingga tidak perlu mengalami kerugian berulang.

Selanjutnya, untuk mengajukan klaim asuransi kendaraan bermotor ABDA ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Melakukan pelaporan klaim melalui call center ABDA, chat Whatsapp, email, atau website.
  • Lanjutkan dengan mengisi data yang dibutuhkan mencakup nomor polis, nomor sertifikat, nomor rangka kendaraan, dan kode keamanan. Dalam hal ini Anda cukup mengikuti semua step yang diberikan pihak ABDA.
  • Selanjutnya Anda akan diminta pihak Customer Service ABDAuntuk melengkapi dokumen klaim lain secara online dan survey online yang dipandu surveyor lewat chat WhatsApp.
  • Jika klaim yang Anda ajukan disetujui, maka akan dikeluarkan Surat Perintah Kerja Sameday untuk kerusakan ringan tanpa spare part. Itulah informasi mengenai asuransi ABDA yang bisa memberi perlindungan untuk kendaraan roda empat Anda.(*)

Comment