by

Tingkatkan Literasi, Setiap Sekolah Wajib Baca Buku 15 Menit Sebelum Belajar

BandungKita.id, KBB – Bunda Literasi Jawa Barat, Atalia Praratya, mewajibkan seluruh pelajar untuk membaca buku di sekolah selama 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM) dimulai. Hal itu sebagai upaya meningkatkan minat baca atau literasi di Jawa Barat.

“Setiap sekolah untuk 15 menit pertama diwajibkan untuk membaca buku, itu untuk semua. Jadi ini adalah upaya kita bersama, mudah-mudahan setiap upaya ini kita bisa mendorong,” kata Atalia usai meresmikan BBF Books di di Parahyangan Convention, Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (2/9/2022).

Istri Gubernur Jabar ini menuturkan, mayoritas masyarakat saat ini masih rendah terkait minat membaca buku. Terlebih, gempuran gawai dengan berbagai aplikasi kerap mengalihkan perhatian masyarakat untuk kegiatan lain dibandingkan membaca buku.

“Karena saya membaca dari Kominfo itu jumlah masyarakat yang memiliki gadget itu lebih dari 60 juta, namun rata-rata bukan dipergunakan untuk membaca, namun lebih kepada mereka mencari berita hanya judulnya saja, termasuk media sosial,” bebernya.

Atalia pun mengajak semua pihak untuk turut serta meningkatkan minat baca bagi masyarakat. Termasuk siaran keliling yang kerap dilakukan oleh Atalia mengunjungi sekolah-sekolah untuk mengingatkan betapa pentingnya membaca.

“Saya hadir dalam program siaran keliling, itu juga untuk mendorong mulai dari Paud, kemudian juga anak SMA, SMK, SLB itu mereka untuk lebih dekat dengan dunia literasi,” tegasnya.

Comment