by

Ridwan Kamil Bantah Ibu Kota Jabar Pindah dari Kota Bandung

Bandungkita.id, KOTA BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menegaskan tidak akan memindahkan Ibu Kota Jabar dari Kota Bandung. Saat ini Ridwan Kamil baru mewacanakan pemindahan pusat pemerintahan Jabar ke tiga daerah yang menjadi pertimbangan.

“Saya ulangi, bukan pemindahan ibu kota, tapi wacana penyatuan pusat pemerintahan, jadi ibu kotanya tetap Bandung, cuma pusat pemerintahannya, kantornya berkumpul di potensinya tiga lokasi,” kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (15/10/2022).

Video Pilihan:

Menurut Emil -sapaan akrab Ridwan Kamil- pihaknya saat inj justru baru berencana untuk memindahkan pusat pemerintahan Jabar ke tiga lokasi yang menjadi pilihan, yakni di Tegalluar Kabupaten Bandung, Walini Kabupaten Bandung Barat, dan Kertajati Kabupaten Majalengka.

“Ada Tegalluar karena pusat pertumbuhan. Ada Walini, ada Kertajati. Belum diputuskan, karena kemarin presiden menanyakan. Gimana pak gub? Ya ada wacana itu, tapi harus dimusyawarahkan,” tutur Emil.

Ia mengatakan, jika Kota Bandung masih tetap menjadi Ibu Kota Jabar dan tidak terpintas untuk memindahkan ke daerah lain. Ia pun berkaca pada Malaysia yang mempunyai ibu kota berbeda lokasi dengan pusat pemerintahan.

“Jadi jangan pakai nama ibu kota ya omat, karena itu beda. Seperti Malaysia, ibu kotanya tetap Kuala Lumpur, pusat pemerintahannya berkumpul di Putra Jaya,” tegasnya.

Tonton Juga:

Comment