by

Waduh! Ratusan Domba di KBB Terpapar PMK

Bandungkita.id, KBB – Ratusan domba di Kabupaten Bandung Bandung Barat dinyatakan terpapar penyakit kuku dan mulut (PMK). Kasus tersebut pun menjadi yang pertama terjadi di Jabar.

“Saya lupa, tapi angkanya itu sekitar seratusan lebih untuk domba ini (PMK di KBB). Jumlahnya agak banyak, jadi kemarin itu Bandung Barat sebetulnya sudah zero kasus (PMK), sapi perah dan potongnya sudah beres, eh sekarang datang domba,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar, Arifin Soedjyana, saat dihubungi, Sabtu (5/11/2022).

Ia menuturkan, maraknya kembali PMK bukan merupakan gelombang kedua. Namun temuan domba terpapar PMK tersebut masih masuk kategori gelombang satu, karena hewan potong itu pada awalnya dinilai lebih kuat terkena virus.

Video Pilihan:

“Sekarang itu bukan dianggap gelombang kedua, tapi sudah melandai, sudah turun kasus PMK). terus penanganan bagu sapi potong atau perah itu juga sudah maksimal, nah domba kan secara klinis itu lebih kuat dari terkena virus (PMK) tapi sekarang sudah mulai kelihatan,” bebernya.

Guna kasus tersebut tidak semakin meluas, Arifin mengaku bahwa pihaknya telah mengingatkan kepada tim satuan gugus tugas PMK (satgas) untuk tetap melakukan pemantauan.

Selain itu, pola hidup sehat seperti membersihkan kandang hingga memberikan vitamin juga turut disampaikan oleh DKPP Jabar. “Jadi sama saja seperti penanganan pada covid 19, tapi ini diternak,” katanya.

Bahkan dia juga mengungkapkan, bahwa pihaknya sampai saat ini masih terus melakukan pengiriman bantuan baik obat-obatan, vitamin, hingga vaksinasi ke seluruh wilayah Jabar.

“Dan yang terakhir tetap kontrol dari mereka (kabupaten kota) itu terkait pengawasan lalulintas ternak. Itu tetap harus dilakukan termasuk pemberian vaksinasi juga,” pungkasnya.

Comment