by

Warga Kota Bandung Terpapar Covid-19 Varian XBB

Bandungkita.id, KOTA BANDUNG – Kasus Covid-19 varian XBB telah ditemukan di Kota Bandung. Salah seorang warga Gedebage terkonfirmasi terpapar Covid-19 varian baru tersebut.

Hal itu diungkapkan Ketua Satgas Harian Covid-19 Kota Bandung, Asep Gufron, setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bandung guna memastikan penyebaran kasus Covid-19 carian XBB.

“Karena memang saya juga koordinasi dengan Dinkes sudah ada yang terkena varian baru XBB di kec. Gedebage,” kata Asep di Balai Kota Bandung, Rabu (16/11/2022).

Asep menuturkan hanya satu warga yang terdeteksi terpapar Covid-19 varian XBB pada Senin, 14 November kemarin. Asep pun memastikan pihaknya langsung bergerak untuk kasus terseburt, dan saat ini warga yang terpapar dalam proses pemulihan.

“Alhamdulilah itu semua sudah ditangani dan mudah-mudahan ini tidak terjadi kematian,” sahutnya.

Asep mengatakan warga tersebut sempat berobat ke puskesmas di wilayah Gedebage. Saat di cek data ke Dinas Kesehatan Jawa Barat (Dinkes Jabar), warga tersebut ternyata terpapar varian XBB.

“Itu kan (warga) berobat ke puskesmas pertama dari Dinas Kesehatan Provinsi kita tracking kita cek terkonfirmasi varian baru XBB,” sambung Asep.

Asep pun mengimbau masyarakat untuk segera melakukan vaksin booster. Pasalnya, penyebaran varian XBB lebih cepat daripada varian Omicron. Ia tidak mau kasus Covid-19 di Bandung kembali melejit seperti saat terpapar varian Omicron.

“Kemarin paling tinggi kasus di kota Bandung itu pada saat omicron. Sampai kasus hariannya itu tembus di 1026 orang yang terpapar covid sehari,” ungkapnya.

Comment