by

Sukabumi Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 5,8

Bandungkita.id, JABARKITA – Gempa bumi berkekuatan 5,8 magnitudo mengguncang wilayah 22 kilometer Tenggara Kota Sukabumi, Jawa Barat, sekitar pukul 07.50 WIB, Kamis, 8 Desember 2022.

Menurut data yang dihimpun dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berada pada kedalaman 104 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Rancaekek dengan skala intensitas IV MMI ( Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), daerah Cianjur, Lembang, Bogor, Bandung, Pangandaran, Padalarang, Pamoyanan, dan Sumedang dengan skala intensitas III MMI ( *Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa getaran seakan akan truk berlalu* ), daerah Cisolok, Sumur, Sukabumi, Jakarta, Garut, Bekasi, Bandar Lampung, dan Tangerang Selatan dengan skala intensitas II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang
 
Hingga pukul 08.15 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempabumi susulan ( aftershock ) dengan magnitudo M3.0 pada pukul 08.05 WIB.
 
Sementara itu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Comment