Suhu Dingin di Bandung Terjadi hingga Awal Tahun

BandungRayaKita35212 Views

Bandungkita.id, KOTA BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung menyebutkan wilayah Bandung Raya mengalami suhu lebih dingin dibandingkan biasanya hingga awal tahun 2023.

Prakirawan BMKG Stasiun Geofisika Bandung Muhamad Iid Mujtahidin mengatakan suhu yang lebih dingin itu merupakan faktor dari cuaca ekstrem yang terjadi pada akhir tahun 2022. Dia pun memperkirakan suhu dingin itu bakal berlangsung hingga 2 Januari 2023.

“Kondisi cuaca dalam beberapa hari ke depan relatif dingin,” kata Iid

Pada Kamis, 29 Desember 2022, suhu di Kota Bandung tercatat 25 derajat celsius pada siang hari dan 19 derajat celsius pada malam hari.

Sedangkan dalam kondisi normal, kata dia, rata-rata suhu paling tinggi di Kota Bandung yakni sekitar 29 derajat celsius, dan suhu paling minimum berada pada angka 20 derajat celsius.

Sementara itu, wilayah Bandung Raya yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi diprediksi mengalami hujan lebat hingga Sabtu, 31 Desember 2022, berdasarkan laporan BMKG Stasiun Geofisika Jawa Barat.

Namun, pada hari selanjutnya hingga 2 Januari 2023, hujan lebat hanya melanda Kabupaten Bandung Barat. Kemudian hingga 4 Januari 2023, Bandung Raya diprediksi masih mengalami hujan tetapi dalam skala ringan.

“Masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya hujan lebat dan angin kencang menjelang siang hingga malam hari,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Jawa Barat Indra Gustari.

Comment