by

Misteri Pengunduran Diri Sekda KBB dan Surat Terbuka Bupati Untuk Gubernur, Bupati dan Walikota Jabar

BandungKita.id, NGAMPRAH – Bupati Bandung Barat pada Januari 2023 mengeluarkan surat prihal pemberitahuan seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT), surat tersebut dikirim kepada Gubernur Jawa Barat, Bupati/walikota se-Jawa Barat dan Kepala perangkat Daerah se-Bandung Barat.

Surat dengan Nomor: 008/ -BKSDM yang bersifat penting tersebut, belum memiliki linimasa penanggalan dengan lampiran satu berkas didalamnya.

Dalam surat tersebut, Pemerintah KBB melalui Bupati Hengky Kurniawan, menerangkan terkait rekomendasi penambahan rencana seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama yang telah dikeluarkan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan Nomor surat: B-4595/JP.00.00/12/2022.

Lebih jauh, Hengky membuka kesempatan secara terbuka melalui surat tersebut. dimana beberapa jabatan yang kosong seperti Kepala Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang dan terakhir sebagai Kepala Dinas Sosial.

“Kami membuka kesempatan kepada Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Pemerintah Kabupaten /Kota se-Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang berminat dan memenuhi persyaratan sesuai dengan pengumuman terlampir untuk mengikuti Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di
Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat dalam jabatan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Bandung Barat, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat”. Tulisnya dalam surat tersebut.

Hengky juga meminta agar Gubernur dan Bupat/Walikota Se-Jawa Barat itu dapat meneruskan informasi kekosongan Jabatan dan memberikan kesempatan melalui Izin untuk di isi oleh Perangat dari luar daerah tersebut.

“Sehubungan hal tersebut, dimohon perkenan Bapak Gubernur Jawa Barat,
Bapak dan Ibu Bupati/Wali Kota se-Provinsi Jawa Barat serta Kepala Perangkat Daerah se-Kabupaten Bandung Barat untuk membantu menginformasikan
kepada Pegawai Negeri Sipil di lingkungan kerjanya masing-masing dan memberikan izin kepada Pegawai Negeri Sipil yang berminat dan memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi dimaksud.” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, dalam tembusan surat tersebut, tertulis tembusan surat ditujukan kepada Plh Sekda KBB setelah tembusan kepada Mentri dalam Negri, Mentri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi RI, KASN dan Ketua DPRD KBB.

Lalu dimana Kehadiran Sekda KBB, apakah betul telah mengundurkan diri? dan apakah betul Pemda KBB melalui Bupati Hengky telah menunjuk Plh Sekda KBB yang baru?

Dalam penelusuran Bandungkita, tersebar rumor soal ketidakharmonisan diantara sekda kbb dengan Bupati KBB, berbagai upaya untuk meluruskan kesefahaman dalam menjalankan roda pemerintahan telah sering dilakukan oleh beberapa pihak, hasilnya tetap sama, tidak sejalan.

Upaya untuk mengkonfirmasi surat pengunduran diri Sekda KBB terus Bandungkita lakukan, menurut beberapa sumber yang enggan disebutkan jati dirinya, Sekda KBB, Asep Sodikin mengundurkan diri per tanggal 16 Januari 2023, namun surat tersebut belum terlihat dan di tanda tangani oleh Bupati Hengky Kurniawan.

“Belum bisa komentar jauh, Kabarnya per tanggal 16 Januari 2023 kemarin” ungkap salah satu sumber Bandungkita melalui pesan whatapps, Rabu,18/01/23.

Beredarnya ketidak-harmonisan antara Bupati dan Sekda tersebut sudah beredar lama, kabarnya paska Bupati Aa Umbara di nonaktifkan sejak itu pula tersiar Sekda KBB itu diminta untuk dievaluasi oleh Kemntrian langsung, namun sayang sampai berita ini diturunkan, tidak ada pihak yang “berani” dapat memberikan steatment terkait kondisi tersebut. (Dona Hermawan/Bandungkita.id)

Comment