oleh

Heboh Foto Bangkai Pesawat Lion Air JT 610 Ditemukan, Begini Penjelasan Kominfo

BandungKita.id, JAKARTA – Belum lama ini beredar foto yang menampilkan bangkai pesawat yang diduga merupakan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat.

Foto yang tersebar di media sosial pasca-jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 pada Senin (29/10/2018) pagi itu sempat menghebohkan jagat dunia maya.

Foto tersebut mulai ramai diperbincangkan di media sosial sejak Senin siang. Foto itu beredar tak lama setelah Badan SAR Nasional memastikan bahwa pesawat Lion Air JT 610 jatuh tak lama setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta.

Dalam foto, ditampilkan badan pesawat yang terbelah dan terdampar di pesisir pantai. Terlihat juga orang-orang tengah melakukan aktivitas di dekat bangkai pesawat tersebut.

Beberapa orang menduga, bangkai pesawat itu merupakan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Ferdinandus Setu menyampaikan bahwa foto bangkai pesawat yang tersebar di media sosial dan disebut sebagai serpihan JT 610 adalah hoaks.

“Di sosial media beredar foto ini yang menyebutkan sebagai pesawat Lion Air JT 610. Ini hoaks,” ujar Ferdinandus seperti dilansir Kompas.com, Selasa (30/10/2018).

Adapun pemberitaan yang benar adalah yang ada di dalam foto tersebut merupakan bangkai pesawat Lion Air JT 904 yang mengalami musibah pada 2013 silam.

“Foto ini adalah bangkai pesawat Lion Air JT 904 yang mengalami musibah di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai di Bali pada 13 April 2013,” ujar Ferdinandus.

Sementara, pihak Kemenkominfo menerima laporan adanya foto bangkai pesawat ini pukul 04.00 WIB, Selasa (30/10/2018) melalui Tim Pengendali Konten. Pihak Kemenkominfo juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan foto korban dan hoaks yang sumbernya tidak jelas.(ZEN/BandungKita.id)

Komentar