Atasi Kemacetan Imbas Pelebaran Jalan Baros, Polres Cimahi Rencanakan Rekayasa Lalu Lintas

Cimahi, Terbaru657 Views

Bandungkita.id, CIMAHI – Rencana pelebaran Jalan Baros, tepat di depan Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdik Armed), diprediksi akan menyebabkan kemacetan di titik lain, terutama di Jalan Dustira.

Menurut Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto, lancarnya ruas Jalan Baros setelah dilebarkan, tentunya meningkatkan volume kendaraan yang melintas.

“Kami sangat mengapresiasi pelebaran jalan tersebut, karena memang sudah sangat krodit, terutama di jam-jam sibuk. Kendaraan yang melintas di persimpangan itu cukup tinggi volumenya,” ujar Suharto saat dihubungi, Selasa (18/12/2018).

Kendaraan tersebut akan tersendat ketika memasuki ruas Jalan Dustira. Alasannya, ruas Jalan Dustira hanya mampu menampung maksimal dua kendaraan, dengan catatan tak ada kendaraan yang terparkir di depan Rumah Sakit Dustira.

“Ruas Jalan Dustira itu kan sempit, apalagi banyak kendaraan yang parkir di bahu jalan, padahal sudah ada larangan tanda parkir. Itu juga harus dipikirkan,” katanya.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru 2019, Polres Cimahi Fokus Amankan Kawasan Lembang

Puncaknya, kendaraan akan menumpuk di persimpangan Warung Contong, tepat di dekat perlintasan sebidang Sriwijaya. Suharto menegaskan pihaknya sudah memikirkan alternatif rekayasa lalu lintas di ruas jalan tersebut.

Rencananya, jelas Suharto, kendaraan yang akan menuju Cimahi dari Warung Contong, akan dibelokkan melalui Jalan Sudirman. Sedangkan kendaraan dari Cimahi yang akan menuju Warung Contong tetap melalui persimpangan tersebut

“Perlintasan sebidang juga jadi penyebab kemacetan, ditambah tingginya volume kendaraan yang melintas. Rencana rekayasa jalan sudah ada, jadi nanti tidak ada lagi kendaraan dari arah Warung Contong ke Cimahi,” jelasnya.

Baca juga: Terkait Solusi Kemacetan Leuwigajah, Pemkot Cimahi Tunggu Realisasi Pembangunan ‘Double Track’ dari Pemprov Jabar

Pihaknya juga siap menerjunkan personel untuk membantu pengaturan lalu lintas di Jalan Baros ketika pengerjaan pelebaran sudah dimulai.

“Kita sekarang masih menunggu surat pemberitahuan dari Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum sebagai pelaksananya. Intinya kami siap melakukan pengaturan jalan,” tegasnya. (SDK)

Comment