by

Masyarakat Diimbau Tak Berkumpul di Jembatan Layang Saat Malam Pergantian Tahun

BandungKita.id, BANDUNG – Sejumlah lokasi di Kota Bandung diprediksi bakal menjadi titik kumpul masayarakat untuk menyaksikan kembang api tahun baru 2019. Lokasi tersebut diantaranya Flyover Pasupati dan Flyover Pelangi.

Menanggapi hal tersebut, Satlantas Polrestabes Bandung akan melakukan pengamanan dan imbauan kepada masyarakat agar tidak merayakan tahun baru di bahu jalan, apalagi jembatan layang (Flyover). Pasalnya hal itu sangat membahayakan dan mengganggu arus lalu lintas.

“Tahun-tahun sebelumnya banyak yang sengaja berhenti atau berdiam di Fly Over baik itu Pasupati maupun Pelangi. Itu berbahaya, karena jembatan ini untuk perlintasan kendaran dengan tonase terbatas, kalau dibiarkan takutnya terjadi stuck, ini bisa menimbulkan bahaya lain,” ungkap Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Agung Reza, kepada BandungKita saat ditemui di Taman Sejarah, Kota Bandung, Rabu (26/12/2018).

Baca juga: Arus Lalu Lintas Ir. Haji Juanda Menuju Dago Mulai Ramai

Karenanya, khusus untuk wilayah Fly Over, kepolisian akan menggelar pagar betis, untuk menghalau masyarakat sampai akhir pergantian tahun.

Seperti diketahui, untuk mengamankan perayaan tahun baru 2019, Polrestabes Bandung telah menurunkan 1.217 personil.

“Kita sudah melibatkan personil pengamanan Operasi Lilin Lodaya 2018 sebanyak 1.217 personil, untuk mengmanakan pelaksanaan tahun baru 2019 nanti, terutam di Fly Over Pasupati dan Pelangi karena diprediksi bakal digunakan lokasi melihat kembang api,” paparnya.

Baca juga: Libur Natal, Kendaraan Luar Daerah Serbu Lembang

Selain Flyover, lokasi yang menjadi prioritas pengaman yakni jalan Asia-Afrika dan Dago. Jumlah personil yang dikerahkan, kata Reza, merupakan gabungan dari pihak kepolisian dan instansi terkait lainya.

“Selain Fly Over, lokasi lainnya yakni jalan Asia-Afrika dan wilayah Dago, itu yang biasa jadi titik pusat keramaian masyarakat, nanti kita akan gelar personil disana agar tidak ada kegiatan masyarakat yang menggunakan badan jalan sehingga arus lalu lintas tetap lancar,” Ungkap Reza

Meski begitu, tidak akan ada pembatasan bagi kendaraan luar Bandung yang masuk ke kota Bandung, walaupun dapat dipastikan akan mengalami kemacetan di sejumlah ruas jalan

“Untuk natal kemarin saja, hari puncak Natal, kami mendata ada 25.000 kendaran yang masuk ke Kota Bandung, untuk Tahun Baru nanti kita tidak akan ada pembatasan kalau soal macet dihimbau agar lebih bersabar saja,” pungkasnya.***(TRH/BandungKita)

Comment