by

Tips Agar Baju Putih Tidak Menguning

BandungKita.id, TIPS & TRIK – Anda suka koleksi baju warna putih? Baju putih memang cocok dipakai perempuan atau laki-laki. Selain warnanya netral, baju putih juga bisa digunakan diberbagai kesempatan.

Sayangnya baju warna putih rentan kotor dan warnanya cepat pudar. Kekhawatiran itulah yang selalu membuat kita membatasi diri untuk mengenakan pakaian berwarna putih.Tapi jangan bimbang lagi, ternyata ada beberapa tips agar warna baju anda tetap terjaga. Berikut tips yang Bandungkita.id rangkum untuk anda :

1. Perhatikan deodoran

Jika di bagian ketiak baju anda berwarna kuning, perhatikan deodoran yang dipakai. Deodoran yang mengandung alumunium akan memberikan reaksi kimia pada baju yang anda kenakan. Senyawa berbasis alumunium biasanya ditemukan dalam antiperspiran yang fungsinya untuk mengurangi keringat berlebih pada ketiak. Namun, proses inilah yang membuat noda membandel pada baju anda. Untuk itu, segera gantilah deodoranmu jika terindikasi mengandung alumunium.

2. Jangan gunakan parfum di baju

Berhati-hatilah jika menyemprotkan baju pada baju putih. Karena selain wanginya tidak tahan lama, juga bisa meninggalkan noda bandel. Anda bisa menyemprotkan parfum pada titik-titik terntentu, seperti pergelangan tangan dalam, area belakang telinga, dan leher. Titik itulah yang dipercaya membuat parfum anda bertahan lama.

3. Setelah dipakai, langsung dicuci

Keringat adalah salah satu penyebab yang membuat baju putih anda semakin hari semakin menguning. Untuk itu jika sudah beraktivitas, segeralah cuci baju yang anda kenakan. Jika tidak sempat, anda bisa mencuci keseokan harinya. Jangan sampai baju putih anda terbengkalai hingga berminggu-minggu.

4. Utamakan noda yang sulit diatasi

Sebelum anda mencucinya ke mesin cuci, utamakan terlebih dahulu noda yang membandel. Gunakan deterjen sambil digosok perlahan dengan sikat gigi. Setelah noda dibersihkan rendam baju dengan air panas untuk membantu memecah kompnen nodanya. Ulangi tahap ini jika nodanya belum hilang.

5. Jangan pakai pemutih

Meskipun dipercaya bisa menghilangkan noda, justru pemutih bisa membuat pakaian anda semakin kekuningan apalagi jika pakaian itu berbahan poliester. Gunakanlah pemutih alami, seperti lemon, cuka, atau soda kue.(DIA/BandungKita.id)

Comment