oleh

Pengguna Hijab Harus Tahu! Ini Dia 5 Penyebab Kulit Berjerawat

BandungKita.id, TIPS – Jerawat memang menjadi masalah yang krusial bagi seorang perempuan. Biasanya masalah ini timbul di usia remaja.

Terlebih lagi untuk wanita yang mengenakan hijab. Kebanyakan wanita yang berhijab memiliki jerawat yang tertutup, misalnya dahi, sekitar telinga, tulang rahang, dagu dan kulit kepala.

Penyebabnya sepele, hanya karena pori-pori kulit tertutup ketika sedang memakai hijab. Hal inilah yang menjadi peringatan bagi wanita berhijab, agar tetap menjaga kebersihan hijabnya. Berikut kesalahan pengguna hijab yang menimbulkan jerawat :

1. Jilbab digunakan berhari-hari
Hijab sering bersentuhan langsung dengan kulit wajah, khususnya kening dan pelipis. Ketika beraktivitas, keringat akan bercampur dengan minyak dari rambut, dan keduanya tertutup oleh balutan hijab. Tentunya kondisi itu akan jadi tempat menyenangkan bagi kuman atau bakteri untuk bersarang. Jika hijab itu digunakan berhari-hari maka sudah dipastikan kulit wajah rentan menimbulkan jerawat.

2. Bahan hijab
Jangan salah ketika memilih hijab.Ternyata salah satu penyebab timbulnya jerawat, bisa dari bahan hijab yang kita pakai lho. Pilihlah bahan hijab yang lembut, menyerap keringat dan gak bikin gerah. Jika kain hijab bertekstur kasar, akan menimbulkan gatal di kulit wajah. Hindari pula bahan yang tidak bisa menyerap keringat seperti spandek. Karena bahan yang tidak bisa menyerap keringat akan memberikan kesempatan keringat penyebab jerawat.

3. Tangan penuh bakteri
Seringkali perempuan berhijab membenarkan hijabnya yang dirasa sudah tidak nyaman atau berantakan. Disinilah tangan kita bersentuhan langsung dengan kulit wajah. Apalagi jika kondisi wajah sedang berminyak, tangan yang menempel akan mengantarkan bakteri atau kuman untuk mendarat di kulit wajah. Bakteri-bakteri itu akan senantiasa menghadirkan jerawat.

4. Jarang keramas
Rambut yang tertutup hijab biasanya lebih cepat memproduksi minyak. Untuk itu jika rambut anda jarang dikeramas, maka ketika rambut menempel pada wajah, bakteri akan menumpuk di kulit. Apalagi ketika tidur, tanpa disadari rambut yang kotor akan mengenai permukaan kulit kita.

5. Mencuci hijab
Hati-hati ketika mencuci kain hijab. Bahan kimia pada detergen ternyata bisa jadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Bilaslah kain hijab sebersih mungkin agar kimia pada detergen tidak tertinggal. Bila perlu gunakan pewangi kain dengan kandungan anti bakteri. (DIA/Bandungkita.id)

(Sumber: Hipwee)

Komentar