by

Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia Meninggal Dunia

BandungKita.id, NASIONAL – Pendiri grup Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja tutup usia pada Sabtu, 26 Januari 2019 pukul 19.43 WIB.

“Telah meninggal dunia pendiri Sinar Mas Bapak Eka Tjipta Widjaja pada usia 98 tahun. Pada pukul 19.43 WIB, Sabtu, 26 Januari 2019. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka RSPAD Gatot Subroto,” ujar juru bicara Grup Sinar Mas, Gandhi Sulityanto, seperti dikutip dari pada Liputan6.com, Minggu, (27/1/2019).

Eka Tjipta dikenal sebagai salah satu orang terkaya Indonesia versi Majalah Forbes 2018. Pada 2018, kekayaannya mencapai US$8,6 miliar.

Bisnis utama yang digeluti yaitu, kertas, agribisnis, properti, dan jasa keuangan. Eka yang lahir di Quazhou, China pada 1921, memulai usaha sejak remaja dengan berdagang biskuit.

Dia mendirikan Sinar Mas pada 1938 di Makassar. Usaha awal perusahaan ini yaitu beragam jenis makanan.

Pada 1968, Eka mendirikan kilang minyak goreng kopras, Bitung Manado Oil Ltd di Sulawesi Utara. Selang empat tahun, bisnis Eka berkembang dengan berdirinya pabrik Tjiwi Kimia dan PT Duta Pertiwi.

Sinar Mas juga mendirikan bank pada 2005. Beberapa perusahaan yang didirikan Eka telah melantai di Bursa Efek Indonesia.

Perusahaan itu antara lain, PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Bank Sinarmas Tbk (BSIM), PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSA), PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI). Selain itu ada pula PT Smartfren Telecom Tbk (SMAR), PT Sinarmas Multiartha Tbk (SMMA), dan PT Tjiwi Kimia Tbk (TKIM).(ZEN/BandungKita.id)

Comment