oleh

Ada Kampung Wisata Duren di Garut: Pengunjung Bisa Langsung Petik dari Pohon

BandungKita.id, GARUT – Tidak banyak yang tahu kalau Garut memiliki Kampung Durian yang terletak di Kampung Kuyamut, Desa Tanjung Kamuning, Kecamatan Tarogong Kaler.

Soal kualitas, durian hasil petik di tempat ini sama sedapnya dengan durian di tempat-tempat lain.

Hal tersebut diakui salah satu pecinta Durian, Heri Faisal. Menurutnya kualitas durian dari Kampung Kuyamut sangat bagus. Jika biasanya ia harus memebeli durian ‘super’ ke luar kota, kini ia tinggal datang ke Kampung Kuyamut.

“Biasanya saya hunting durian itu ke Bandung, tapi dapat kabar di sini ada kebun durian yang kualitasnya sangat bagus,” katanya saat ditemui di kebun durian, Selasa (5/2/2019).

Menurut Heri, ditempat ini pengunjung tidak hanya merasakan kualitas daging durian tebal dan manis dari varian musang king atau montong. Mereka juga bisa mendapat sensasi memetik durian segar yang langsung dari pohon.

“Kalau sekarang yang lagi panen itu buah lokal, untuk musang king dan montong kayaknya minggu-minggu ini akan panennya,” ucapnya.

Heri sendiri tidak jarang langsung memburu ke kebunya secara langsung. “Kalau saya suka langsung cari ke kebun, cari durian jatuhan (yang jatuh dari pohonnya), itu lebih enak,” ucapnya.

Kelebihan lain kata Heri, pohon durian di tempat ini tingginya tidak kurang dari 2 meter, sehingga memudahkan para penimkat durian untuk memetik secara langsung.

Tidak hanya Heri, rombongan touring dari Polsek Cileunyi, Kabupaten Bandung juga sangat kagum dengan durian dari Garut. Salah satunya IPTU Iwan Cahyadi yang sengaja mampir ke kebun durian untuk menikmati secara langsung durian hasil panen dadakan.

“Saya tahu dari temen orang Garut juga, kami sengaja touring kesini (Ke kampung durian) dari Polres Bandung. Ini duren Ajib, enak banget,” ucap Iwan sambil menikmati Durian.

Menurut Iwan, Duren Garut tidak kalah dengan duren di tempat lain. “Kalau beli di pinggir jalan kita suka kecewa karena durianya suka tidak manis bahkan terkesan dingin, kalau ini sangat manis dan daginya juga tebal,” ucapnya.

Dirinya juga mengajak warga luar Garut untuk bisa menikmati durian asli Garut yang sangat manis dan harganya sangat terjangkau. ***(Arul/BandungKita)

Editor : Restu Sauqi

Komentar