by

Peringati Hari Perlindungan Konsumen Nasional, Kemendag Resmikan 251 Kantor Metrologi di Kabupaten/Kota

BandungKita.id, BANDUNG – Memperingati Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2019, Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita meresmikan sebanyak 251 kantor metrologi di seluruh Indonesia.  Angka tersebut, berhasil meraih penghargaan dari Meseum Rekor Indonesia (MURI) karena melakukan penandatanganan 251 prasasti kantor metrologi secara serentak di seluruh Indonesia.

Penghargaan itu pun menggeser catatan rekor sebelumnya, ketika masa pemerintahan Ahmad Heryawan pada 2017. Tepatnya, 14 Maret 2017 di Hotel Intercontinental, Dago. Namun, Enggartiasto mengakui  indeks kesadaran konsumen di Indonesia masih kecil dibandingkan dengan negara maju.

“Jika kita mau bersaing baik masuk barang dari luar negeri maupun ekspor, maka perbaikan kualitas itu mutlak. Jika dibandingkan dengan negara maju sangat jauh sekali,” kata Enggartiasto saat ditemui usai acara yang digelar di Jalan Diponegoro, depan Gedung Sate, Selasa (20/3/2019).

Kendati demikian, Enggartriasto juga menuturkan konsumen sadar akan haknya dari setiap transaksi yang dilakukan. “Konsumen menyadari hak-haknya, mereka tidak mau dibohongi. Jadi kita memberikan edukasi, selain itu mengawasi. Mulai dari metrologi, meteran, timbangan,” lanjutnya.

Mengenai penjualan online yang saat ini kian menjamur. Enggartiasto mengimbau masyarakat lebih waspada, baik dalam bentuk barang atau jasa, bahkan keuangan. “Khusus keuangan kita akan segera berkoordinasi dengan otoritas jasa keuangan (OJK),” sebutnya.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia  mengaku senang karena Jawa Barat dipilih sebagai tuan rumah. Dari sekian provinsi, kata Emil sapaan akrab Ridwan Kamil,  Jawa Barat  paling terbaik dalam peduli konsumen.

“Karena Jabar juara nasional, maka diberi hadiah sebagai tuan rumah,”pungkasnya (Bagus Falensky/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

Comment