oleh

Viral! Air Laut di Bawah Jembatan Suramadu Bak Terbelah, Ternyata Ini Penyebabnya

BandungKita.id, VIRAL – Masyarakat yang melintas di Jembatan Suramadu dikagetkan dengan fenomena air laut yang nampak terbelah.

Seperti terlihat di akun youtube bernama inunk kecik. Video berdurasi 24 detik tersebut memperlihatkan air laut yang terbagi menjadi dua warna, yakni hitam kecoklatan dan bening.

 

Menanggapi itu, Kasubdiv Humas Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS), Faisal Yasir Arifin, menuturkan fenomena tersebut sudah biasa terjadi.

“Fenomena ini terjadi karena pertemuan dua jenis massa air dari sisi timur dan barat Madura yang densitasnya berbeda antara suhu, kadar garam, dan kerapatan airnya. Kemudian tidak bisa menyatu seperti air terbelah yang terjadi saat ini. Ini biasa terjadi,” jelas Faisal, seperti dilansir Okezone.com, Rabu (20/3/2019).

Ketika air laut surut, air dari muara sungai dipompa menuju ke laut. Pertemuan arus keduanya membentuk buih-buih batas. Fenomena tersebut terlihat lebih memanjang hingga ke Sampang, Madura, yang jaraknya sekitar 50 sampai 60 KM dari Suramadu. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Sumber: Okezone.com

Komentar