oleh

Banjir Bandang Rendam Rumah di Sukaratu Tasikmalaya, Begini Imbauan BPBD

BandungKita.id, TASIKMALAYA – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan sekitarnya menyebabkan musibah banjir bandang di Kampung Babakan Kondang, Desa Sinagar, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmlaya, Rabu (27/3/2019) petang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, banjir bandang yang merendam puluhan rumah warga itu disebabkan akibat meluapnya Sungai Cibanjaran yang mengalir melewati desa tersebut. Tak hanya itu, banj

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun belasan keluarga harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Sebab rumah mereka terendam banjir. Terlebih, warga khawatir banjir bandang susulan akan kembali terjadi mengingat dalam beberapa hari terakhir, selalu turun hujan deras.

BACA JUGA :

Wagub Jabar Uu Mangkir Lagi, Sidang Kasus Bansos Tasikmalaya Tetap Berlanjut

 

Ini Kata Pemprov Jabar Soal Uu Absen di Sidang Kasus Bansos Tasikmalaya

 

Mengenang Perjuangan KH Zaenal Mustafa, Pahlawan Nasional Asal Pesantren Sukamanah Tasikmalaya

 

 

Kepala Bidang Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Ria Supriatna mengatakan, setelah mendapatkan laporan kejadian banjir bandang tersebut, petugas BPBD dibantu relawan segera ke lokasi untuk membantu warga.

Upaya pertama yang dilakukan dengan menyelamatkan seluruh warga yang terkena luapan banjir bandang. Untuk sementara para korban terdampak kini diungsikan ke rumah warga lainnya serta sarana umum yang dinilai aman.

Banjir bandang merendam rumah di Kampung Babakan Kondang, Desa Sinagar, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya.(foto:istimewa)

“Kejadian banjir bandang ini diakibatkan curah hujan yang tinggi, sehingga air Sungai Cibanjaran meluap dan merendam permukiman warga,” kata Ria seperti dikutip dari kabarpriangan.

Saking besarnya air yang menyapu rumah warga, kata dia, rumah warga terendam hingga satu meter sehingga warga sudah tidak memungkinkan berada di rumah. Ria mengakui kejadian banjir bandang tersebut bukan yang pertama terjadi.

“Kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan mengamankan diri ke lokasi yang lebih aman terutama ketika turun hujan deras. Kami khawatir banjir bandang akan terulang,” kata dia. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Komentar