Khawatir Longsor Susulan, Warga Neglasari Minta Pemerintah Lakukan Perbaikan Permanen di Tebing Jalan Cikutra

Kota Bandung691 Views

BandungKita.id, BANDUNG – Pasca longsor di tebing jalan Cikutra, Kota Bandung pada 28 Maret lalu, di lokasi kini tampak terpasang dinding sementara yang terbuat dari karung pasir untuk memperkokoh bahu jalan.

Longsor tersebut berlokasi di RT 05/RW 03 Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler.

Karung pasir berwarna kuning itu menumpuk dan diikat kawat dengan diselingi pipa untuk saluran air. Di pinggir jalan juga terpasang bambu sebagai pembatasa jalan.

Meski sudah diantispasi, namun plang tanda peringatan longsor masih terpasang. Kontur tanah yang labil dinilai tak cukup hanya dipasangi karung pasir, warga khawatir terjadi longsor susulan.

Baca juga: BPBD: 79 Rumah Rusak Akibat Longsor di Cililin

Baca juga: Longsoran di Jalur Bandung-Garut Sudah Disingkirkan, Jalan Kembali Bisa Dilalui Kendaraan

Demikian disampaikan ketua RT setempat, Sudadiyo (54) saat ditemui dirumahnya, Sabtu (6/4/2019) kemarin. Menurutnya pada saat kejadian, longsor terjadi ketika turun hujan besar, kondisi tanah yang gembur menjadi sangat rentan longsor.

“Diatasnya itu kan jalan, di bawahnya itu sungai Cidurian terus ada hujan jadi ya terjadi longsor,” kata Sudadiyo.

Pihaknya menuturkan pemasangan tanggul sementara tersebut sudah berlangsung selama sepekan terkahir. Ia berharap pemerintah segera mengganti agar tidak terjadi longsor susulan. “Semoga segera diperbaiki secara permanen aja,” ujarnyanya.

Berdasarakan pantauan BandungKita di lokasi, jarak antara anatara dinding sementara tersebut dengan jalan Cikutra hanya berkisar kurang lebih satu meter. (Tito Rohmatulloh/BandungKita)

Editor: Restu Sauqi

Comment