oleh

Woow! Perusahaan Korea Selatan Bakal Beroperasi di Kawasan Segitiga Rebana dengan Investasi Senilai Rp 40 Triliun

BandungKita.id, BANDUNG – Perusahaan otomotif asal Seoul Korea Selatan (Korsel), Hyundai Motor Company direncanakan bakal beroperasi di Jawa Barat. Dengan nilai investasi Rp 40 triliun, Hyundai bakal beroperasi di kawasan Segitiga Rebana atau Cirebon, Patimban dan Kertajati.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil selepas mengadakan pertemuan dengan Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, di Gedung Pakuan Provinsi Jawa Barat, Jumat (28/6/2019).

Lebih lanjut, kata Emil, alasan menentukan lokasi Hyundai beroperasi di segitiga Rebana yakni masih murahnya upah tenaga kerja, dan Segitiga Rebana diproyeksikan jadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru.

“Investasi Korea tinggi sekali di Jawa Barat, makanya kami tawarkan opsi di Rebana yang memberikan kemudahan, jarak pelabuhan dan bandara juga dekat,” kata Emil.

BACA JUGA :

Pemprov Jabar Bangun Kawasan Ekonomi Segitiga Rebana

 

Tol Cigatas Segera Dibangun, Wagub Jabar : Ekonomi Priangan Timur Akan Berkembang

 

Bandara Kertajati Jadi Embarkasi Haji dan Umrah Mulai Tahun Ini

 

Emil mengatakan, tiga sampai empat ribu tenaga kerja asal Indonesia yang selesai magang di Korsel juga bakal dipulangkan kembali untuk bisa bekerja di perusahaan Korsel yang beroperasi di Segitiga Rebana tersebut.

Pada Juli dan September mendatang Pemprov Jabar bakal memberangkatkan Dinas Perdagangan Ke Korea untuk pengkajian lebih lanjut.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi mengatakan investasi tersebut dalam tahap akhir yang tidak akan lama lagi direalisasikan.

Meski demikan, Umar belum memastikan apakah Pabrik Hyundai yang saat ini berlokasi di Kota Bekasi akan berpindah atau tidak.

“Kawasan itu (Segitiga Rebana) punya potensi begitu besar, kita akan terus berkomunikasi. Saya yakin pihak di Korea tertarik untuk mereka masuk ke kawasan itu,” kata Umar. (Tito Rohmatulloh)

Editor : M Zezen Zainal M

Komentar