oleh

Fenomena Awan Topi Kembali Hadir di Tanah Lombok

Bandungkita.id, LOMBOK –  Munculnya fenomena “awan topi” menambah keindahan Gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Awan tebal berwarna putih melingkari puncak gunung tersebut. Peristiwa ini terjadi Rabu, 17 Juli 2019 pukul 07.00 WITA dan berlangsung selama dua jam setengah.

Pusaran angin di puncak Gunung Rinjani adalah penyebab munculnya awan topi ini. Awan ini berjenis awan lentikularis yang biasa terjadi di daerah pegunungan. Fenomena ini bukanlah yang pertama kali, pada 2009 dan 2018 pernah mengalami hal serupa, namun tidak se-sempurna saat ini.

“Awan putih yang melingkari puncak Gunung Rinjani kali ini memang benar-benar sempurna,” kata warga Sembalun Lawang, Lombok Timur, Rosidin, dikutip dari Antara.

Titik lokasi yang pas dalam pengambilan gambar awan topi yakni di rest area Sembalun Lawang. Bentuk awan yang sempurna dengan jangka waktu yang panjang menjadi fenomena langka dan tentu diabadikan oleh masyarakat sekitar.

Momen ini pernah terjadi di beberapa gunung, seperti gunung Semeru di Malang, gunung Sumbing di Semarang, dan gunung Agung di Bali. Akan tetapi, hal itu tidak mengganggu rute pendakian dan perjalanan masih bisa dilanjutkan.***(Fitri Miftahul Jannah/Job Bandungkita.id)

Komentar