oleh

5 Hal yang Harus Dilakukan Mahasiswa Baru di Awal Kuliah

BandungKita.id, TIPS & TRIK – Kehidupan di kampus akan jauh berbeda dengan kehidupan di bangku sekolah. Lingkungan kampus akan menuntutmu menjadi lebih dewasa dari pribadi sebelumnya.

Semester pertama di awal masuk kuliah akan menjadi masa-masa penting bagi mahasiswa baru. Sebab, apa yang kamu lakukan di masa sekarang akan berdampak pada masa yang akan datang.

Oleh karena itu, kamu perlu memanfaatkannya dengan baik. Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan di awal masuk kuliah :

1. Kenali diri sendiri dan lingkungan sekitar

Memasuki lingkungan yang baru, maka kamu perlu menggali kembali siapa dirimu dan bagaimana caramu beradaptasi dengan lingkungan. Pilihlah lingkungan yang baik pergaulannya. Jika kamu telah mengenal dirimu juga lingkunganmu, tidak akan sulit bagimu untuk menentukan jalan hidup di masa depan.

BACA JUGA :

Mulai Tahun Ini, ITB Buka Seleksi Jalur Mandiri Bagi Calon Mahasiswa yang Tak Lolos SBMPTN

 

 

Situs Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Bandung Eror, Calon Peserta Khawatir Tak Bisa Ikuti Tes

 

2. Biasakan hidup hemat

Sebagai anak rantau yang jauh dari orang tua, kamu akan dituntut untuk hidup lebih mandiri. Rajinlah menabung karena pengeluaran akan lebih banyak daripada pemasukan. Biasakan hidup hemat serta belajar mengatur keuangan agar tidak membebankan orang tua. Kamu juga dapat mencari info terkait beasiswa untuk memudahkanmu dalam biaya pendidikan.

3. Rajin masuk kelas

Jadilah mahasiswa teladan dan rajin masuk kelas. Dengan demikian mampu memberi kesan yang baik serta akan lebih dikenal oleh dosen. Jangan mudah tergoda oleh hal-hal yang membawamu kepada kemalasan dalam belajar.

4. Aktif Organisasi atau Komunitas

Kamu dapat mengasah kemampuanmu dengan mengikuti beberapa organisasi atau komunitas yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Berorganisasi juga dapat mengasah jiwa kepemimpinan serta menambah pengalaman. Selain itu kamu akan mempunyai banyak teman dan relasi.

5. Pandai membagi waktu

Banyaknya kegiatan di kampus akan menyita sebagian waktu belajarmu. Agar tidak mengganggu waktu belajar kamu perlu membagi waktu untuk kuliah, bermain bersama teman, kumpul organisasi atau komunitas dan kegiatan positif lainnya.

Gimana teman-teman? Siap merajut mimpi? Semangat hari pertama kuliah. Buatlah semester pertamamu lebih berkesan. Jadikan itu sebagai pondasimu di semester akhir. Good Luck. (Fitri MJ)

Editor : M Zezen Zainal M

Komentar