oleh

Situs Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Bandung Eror, Calon Peserta Khawatir Tak Bisa Ikuti Tes

BandungKita.id, BANDUNG – Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur mandiri Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2019 mengalami kendala. Pasalnya, sejumlah calon peserta mengalami kesulitan saat mengakses situs PMB UIN Bandung.

Kesulitan mengakses situs PMB tersebut sontak membuat beberapa calon peserta khawatir tidak bisa mengikuti tes sesuai jadwal. Padahal, sebelumnya mereka telah membayar pendaftaran sebesar Rp 250 ribu.

Salah satu calon peserta, Salsa (19), menuturkan bahwa dirinya telah mendaftar dan melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui Bank BRI Syariah. Namun, hingga saat ini dirinya masih kesulitan saat melakukan verifikasi biodata.

Karena belum bisa melakukan verifikasi data pribadi melalui situs PMB, Salsa belum mendapat informasi jadwal, lokasi dan kartu peserta tes.

“Iya bahkan sekarang saya coba juga masih error, padahal sudah bayar,” ujarnya, saat dihubungi Bandungkita.id, Kamis (11/7/2019) sore.

Baca juga:

6.240 Peserta Ikuti Tes UMPTKIN 2019 di UIN Bandung

 

Salsa berharap, pihak kampus bisa mengantisipasi kejadian ini, sehingga tidak membebani para calon mahasiswa.

“Ya jangan sampai eror begini, kan kaya merugikan kita yang sudah bayar. Kita jadi takut gak bisa ikut ujian, belum lagi persiapan tes, tapi harus berbagi pikiran dengan kejadian eror ini,” kata Salsa.

Salsa mengaku, telah mengadukan hal tersebut ke pihak kampus, namun respon yang diberikan dinilai lamban. “Saya sudah sampaikan melalui DM Instagram, melalui email juga, namun masih belum dibalas,” ujarnya.

Sementara itu, kendala yang sama juga dirasakan oleh pendaftar lainnya, Icha (20). Meski berhasil melakukan verifikasi biodata, namun ia merasa kecewa dengan kondisi website yang sangat lambat.

“Login bisa, tapi sangat lemot, padahal jam lima subuh, malah peserta lain masih ada yang gak bisa login sama sekali,” kata Icha saat dihubungi.

Baca juga:

Tak Kunjung Ada Keputusan, Mahasiswa UIN Bandung Kembali Demo, Tuntut Oknum Dosen Pelecehan Seksual Dipecat

 

Icha menjelaskan, alur pendaftaran PMB Mandiri di UIN Bandung diawali dengan membuat akun untuk mendapatkan kode pembayaran, setelah melakukan pembayaran, baru login dan mengisi biodata untuk mendapatkan kartu peserta tes.

“Kalau yang eror itu ya laman pendaftarannya, tidak bisa diakses ada tulisan bad gate way terus,” lanjut Icha.

Sejauh ini, kata Icha pihak kampus telah menyediakan layanan informasi dengan mengirimkan email atau menghubungi nomor telepon yang tersedia.

“Kalau email emang enggak dibalas terus, cuma kalau lewat telepon bisa dan diberi tahu hanya diperpanjang saja masa daftarnya,” ujar Ica.

Sementara itu staf humas UIN Bandung, Muhammad Helmi Kahfi mengatakan, kendala tersebut diduga terjadi karena adanya server yang berat lantaran situs diakses berbarengan.

“Jadi kemarin hari terakhir daftar, dan kebetulan ada kelulusan SBMPTN, jadi banyak peserta yang registrasi. Berbarengan dengan mereka yang daftar terakhir masuk PMB UIN, jadinya server itu berat,” kata Helmi.***(Tito Rohmatulloh/BandungKita)

Editor: Restu Sauqi

Komentar