by

Kawasan Puncak Gunung Ciremai Terbakar, Puluhan Pendaki Dievakuasi

BandungKita.id, NASIONAL – Kawasan puncak Gunung Ceremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dilaporkan terbakar sejak Rabu (7/8/2019). Saat ini tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan masih melakukan pendataan.

Tim Pusdalop BPBD menyebutkan kebakaran terjadi sekira pukul 21.27 WIB. Kebakaran terjadi di sekitar Gua Walet Puncak Gunung Ciremai, dengan titik koordinat: 6°54’2.63″ S, 108°23’42.93″ T.

BACA JUGA:

Pemkab Bandung Arahkan Nagreg Jadi Sentra Bisnis Jagung

 

“Kronologisnya, kepulan asap mulai terlihat pada pukul 13.00 WIB dari wilayah Argalingga Kabupaten Majalengka. Upaya penanganan, tim BPBD Kuningan melakukan koordinasi dengan BTNGC dan BPBD Majalengka serta pemantauan di Jalur Palutungan,” seperti dikutip dalam rilis.

Sementara itu tim gabungan dari BTNGC, Polri, BPBD Majalengka, masyarakat dan MPGC Apuy menuju lokasi kebakaran pada Rabu pukul 15.00 WIB untuk mengevakuasi para pendaki sekaligus melakukan pemadaman.

BACA JUGA:

Tumpahan Minyak di Karawang Merambah ke Bekasi Hingga Pulau Seribu: Walhi Imbau Pertamina Patuhi Perpres

 

Kepala BPBD Kabupaten Kuningan, Agus Maulidin menyebutkan, tercatat sebanyak 61 orang pendaki di Gunung Ciremai saat kebakaran terjadi.

Dari jumlah tersebut, 25 orang di jalur Apuy Majalengka, 31 orang di jalur pendakian Palutungan Kabupaten Kuningan, serta 5 orang di jalur pendakian Cibuna Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Dalam rilis tersebut, BPBD juga menyebut api masih menyala menyebar ke arah atas dan angin bertiup ke arah selatan.

Pada Kamis (8/8/2019) pagi tadi, pukul 03.00 WIB, MPGC Palutungan memberangkatkan sejumlah personil untuk mengevakuasi para pendaki dan pemantauan kebakaran. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

 

Editor: Dian Aisyah
Sumber: Kompas.com

Comment