by

Anggota DPRD Jabar yang Dilantik Harus Lebih Memperhatikan Masalah Lingkungan Hidup

BandungKita.id, BANDUNG – Sejumlah catatan disampaikan jelang pelantikan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Periode 2019-2004 yang tinggal menghitung hari.

Sebagaimana dijadwalkan, Pelantikan DPRD Provinsi Jawa Barat akan di gelar pada 2 September mendatang. Seiring dengan itu, wakil rakyat yang baru diharapkan bisa serius memperbaiki kondisi Jawa Barat, salah satunya terkait lingkungan.

Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat Meiki W. Paendong mengatakan berkaca dari Periode sebelumnya, wakil rakyat di Jabar dinilai belum maksimal memperjuangkan perbaikan lingkungan.

Baca juga:

Walhi Soroti Proyek PLTU di Jabar : Mulai dari Isu Lingkungan, Soal Kesejahteraan Masyarakat Hingga Aroma Dugaan Korupsi

 

“Buruknya indeks kualitas lingkungan hidup (IKLH) Jawa Barat yang menempatkan Jawa Barat berada pada peringkat 31 dari 34 provinsi di Indonesia, ditambah meningkatnya kuantitas bencana lingkungan hidup akibat kerusakan lingkungan dan perubahan iklim, merupakan PR besar bagi anggota dewan serta pemerintah baik kabupaten/kota dan provinsi, untuk melakukan upaya pemulihan,” ungkap Meiki kepada BandungKita.id, Selasa (27/8/2019).

Secara aturan, kata Meiki, anggota dewan harus memperjuangkan alokasi anggaran lingkungan hidup sebesar 10 persen dari total APBD. Pasalnya saat anggaran itu masih kecil, dengan jumlah hanya di bawah 1 persen, baik di level provinsi maupun kabupaten/kota.

“Masih banyak pula kasus-kasus perusakan dan pencemaran lingkungan hidup di sektor pertambangan, kehutanan, pesisir laut, agraria, pertanian/perkebunan, energi, limbah industri, dan infrastruktur skala besar seperti PLTU, Jalan Tol, dan Bendungan,” tegas Meiki. (Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

 

 

Comment