oleh

Penuhi Kebutuhan Serat Anak dengan 6 Makanan Ini

BandungKita.id, HEALTH – Makanan berserat tinggi tidak hanya direkomendasikan untuk orang dewasa, tapi juga penting untuk pertumbuhan anak. Anak-anak merupakan kelompok yang rentan terhadap masalah sembelit. Nah, mencukupi kebutuhan serat anak dapat mencegah masalah ini. Serat juga bisa mencegah anak makan berlebihan sehingga terhindar dari obesitas.

Supaya tidak bingung jenis makanan berserat seperti apa yang cocok untuk anak Anda, simak dahulu ulasan berikut ini.

Pentingnya makanan berserat untuk anak

Menurut Angka Kecukupan Gizi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2013, kebutuhan serat harian anak sesuai usianya, yaitu:

Anak berusia 0-6 bulan belum mempunyai kebutuhan serat yang direkomendasikan.
7-11 bulan: 10 gram/hari
1-3 tahun: 16 gram/hari
4-6 tahun: 22 gram/hari
7-9 tahun: 26 gram/hari
Sedangkan, untuk anak berusia di atas 10 tahun, kebutuhan serat mereka dibagi berdasarkan jenis kelamin, yaitu:

Anak laki-laki usia 10-12 tahun: 30 gram/hari
Anak perempuan usia 10-12 tahun: 28 gram/hari
Anak laki-laki usia 13-15 tahun: 35 gram/hari
Anak perempuan usia 13-15 tahun: 30 gram/hari
Makanan yang kaya akan serat biasanya menawarkan segudang manfaat bagi pertumbuhan anak, seperti:

  • Memperlancar proses pencernaan
  • Meringankan dan mencegah gejala sembelit
  • Membuat feses menjadi lebih padat
  • Mengurangi risiko penyakit diabetes

 

BACA JUGA :

Mau Selalu Sehat? Kuncinya Jangan Lewatkan Sarapan Pagi : Ini Penjelasan Pakar

 

 

Menetralkan Kembali Kolestrol dengan 5 Makanan Ini

 

 

Ajaklah anak-anak Anda untuk mengikuti pola makan tinggi serat secara bertahap. Meski sehat, jangan memaksakan anak untuk makan dalam jumlah besar.

Hal itu bisa berakibat pada muncuknya beberapa efek samping, seperti perut kembung.

Daftar makanan berserat untuk anak

Terkadang, anak-anak tidak terlalu menyukai sayur dan buah-buahan sehingga akan menyulitkan Anda untuk memenuhi kebutuhan seratnya, Itu sebabnya, Anda perlu putar otak untuk memberikan makanan berserat yang disukai anak.

Beberapa jenis makanan berserat yang mungkin bisa membuat anak lebih bersemangat, antara lain:

1. Oatmeal

Salah satu jenis makanan berserat tinggi yang cocok untuk anak Anda adalah oatmeal. Cobalah untuk sesekali mengganti sereal atau roti ketika sarapan dengan oatmeal gandum utuh.

Makanan sehat dan enak ini umumnya mengandung sekitar 4 gram serat ketika sudah dimasak. Selain sehat, Anda pun bisa mencampurkan oatmeal dengan buah atau sirup favorit anak Anda, seperti strawberry, kayu manis, atau sirup maple.

BACA JUGA :

Nasi atau Roti : Manakah yang Lebih Baik untuk Menu Sarapan Anak? Ini Penjelasannya

 

 

2. Roti gandum

Ilustrasi roti gandum isi telur (foto:net)

Alih-alih menyediakan roti putih, Anda bisa menghidangkan roti gandum di dalam menu sarapan untuk Anda dan anak. Di dalam roti gandum terdapat serat sebanyak 2 gram setiap irisannya.

Hampir sama dengan oatmeal, memilih roti gandum sebagai menu sarapan anak bisa membuat mereka semangat karena dapat memilih isian roti sesuai dengan kesukaan mereka. Misalnya, selai kacang dan jelly atau selai cokelat.

3. Nasi merah

Ilustrasi nasi merah (foto:net)

Jika anak Anda gemar makan nasi, nasi merah merupakan makanan berserat yang patut mereka coba. Sebagai pengganti nasi putih, nasi merah mengandung lebih banyak serat dan vitamin E.

Walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dimasak, nasi merah memiliki rasa yang cukup unik, sehingga bisa dicampur dengan masakan yang kaya akan serat lainnya. Contohnya, menghidangkan nasi merah dengan kacang-kacangan.

BACA JUGA :

Begini Cara Membiasakan Anak Agar Mau Sarapan Setiap Hari

 

 

Anak Anda Sering Malas Sarapan Pagi? Yuk, Bujuk dengan 3 Trik Jitu Ini

 

 

4. Pasta gandum utuh

Bosan dengan nasi? Anda bisa menggantinya dengan pasta gandum. Pasta yang terbuat dari tepung gandum utuh ini termasuk makanan yang berserat tinggi karena mengandung sekitar 2 gram serat per ½ mangkuk kecil.

Selain itu, Anda bisa menambahkan berbagai macam daging dan sayuran untuk menyelipkan protein dan zat lainnya agar kebutuhan nutrisi dan serat anak tercukupi.

5. Apel

Buah apel (foto:net)

Anda juga bisa menyajikan apel untuk memenuhi kebutuhan serat anak. Agar lebih bervariasi, Anda bisa memberikan anak salad buah berisi campuran apel, pir, pisang, dan taburan almond di atasnya.

Satu buah apel berukuran sedang (sekitar 100 gram) mengandung 2,6 gram serat.

6. Popcorn

Popcorn (foto:net)

Popcorn atau berondong jagung adalah makanan berserat tinggi yang sulit ditolak oleh anak karena biasanya dimakan saat menonton sebuah film. Ternyata, tiga mangkuk kecil popcorn mengandung 2 gram serat, sehingga baik untuk memenuhi asupan serat anak.

Jika Anda khawatir kandungan gula pada popcorn yang dijual di pasaran terlalu tinggi, Anda bisa memasaknya sendiri dengan menggunakan bahan yang jauh lebih sehat, seperti memakai minyak zaitun.

Selain itu, usahakan untuk mengurangi tambahan pemanis, seperti karamel, agar tidak merusak gigi anak. Jangan lupa bahwa jagung berondong hanya cocok untuk anak-anak yang sudah berusia di atas 4 tahun karena dikhawatirkan balita yang mengonsumsinya bisa tersedak.

Sekarang, bukan alasan lagi bahwa makanan berserat kebanyakan membosankan untuk anak Anda. Masih ada berbagai pilihan yang bisa Anda coba untuk memenuhi kebutuhan serat harian anak. (*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : hellosehat

Komentar