by

Datsun Hengkang dari Indonesia, Daihatsu Berpeluang Rebut Pasar LCGC

BandungKita.id, OTOMOTIF – Nissan Motor Company akan melepas merek Datsun secara global dari anggota aliansinya. Hal tersebut dilakukan karena penjualan Datsun tidak menguntungkan di beberapa negara seperti Rusia, Afrika Selatan dan Indonesia.

Bahkan awal 2020 pabrik Nissan Motor Indonesia di Purwakarta, Jawa Barat siap menghentikan produksi Datsun. Produk yang akan disetop tersebut adalah GO dan GO+, sedangkan Cross sejak Juli 2019 sudah tidak diproduksi.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika mengatakan, Nissan menghentikan produksi Datsun GO dan Datsun GO+ di Januari 2020, karena penjualan di bawah skala ekonomi.

”Informasi sementara yang kami terima, Nissan akan mengubah strategi bisnisnya di Indonesia sesuai dengan arah perkembangan pasar otomotif di Indonesia,” ujar Putu Juli Ardika seperti dikutip dari 100KPJ.com.

BACA JUGA :

Mazda CX-8 Resmi Mengaspal di Indonesia, Intip Fitur Canggih dan Harganya

 

 

Mitsubishi Resmi Perkenalkan Xpander Cross, Ini Spesifikasi dan Harganya

 

 

Perginya Datsun dari kancah permobilan tentu membuat persaingan di kelas Low Cost Green Car (LCGC) di Indonesia makin longgar. Sebab sejauh ini yang meramaikan pasar mobil harga terjangkau hanya Daihatsu lewat Ayla dan Sigra; Suzuki melalui Karimun, Honda lewat Brio; dan Toyota lewat Calya dan Agya.

Menurut Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso, pilihan konsumen akan semakin sedikit saat Datsun hengkang dari dalam negeri. Namun bukan berarti pangsa pasar menurun.

Daihatsu Ayla (foto:net)

“Belum tentu juga kan diisi dengan yang lain, kesempatan buat Daihatsu dong masuk. Pasti ada peluang Daihatsu merebut market yang ditinggalkan Datsun,” ujar Hendrayadi.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, selama Oktober 2019, Toyota Calya jadi model terlaris di kelas LCGC. Kemudian posisi kedua da Honda Brio Satya 5.782 unit, lalu Daihatsu Sigra peringkat ketiga dengan penjualan 5.191 unit.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

 

Comment