by

Yuk Makan Buah! Ini 3 Manfaat Luar Biasa Makan Buah-buahan bagi Kesehatan

BandungKita.id, HEALTH – Kalian suka makan buah? Ya, bukan rahasia lagi, buah punya segudang nutrisi yang baik untuk tubuh. Beragam manfaat bisa didapat jika Anda rutin makan buah.

Buah hadir dalam berbagai rasa. Buah adalah sumber nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Buah memberikan energi sekaligus memasok vitamin, mineral, serat, serta senyawa antioksidan yang dapat menjaga tubuh tetap sehat.

Mengutip cnn dari healthline, umumnya seseorang direkomendasikan untuk memenuhi asupan buah dan sayuran sebanyak 400 gram per hari. Konsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kronis seperti jantung, stroke, dan kanker.

Ilustrasi buah-buahan (foto:net)

Berikut beragam manfaat buah yang harus kamu ketahui, cekidot :

  1. Mendapatkan banyak nutrisi penting

Nutrisi yang dimiliki masing-masing buah sangat bervariasi. Namun, setiap buah hampir dapat dipastikan mengandung nutrisi penting.

Yang paling utama, buah mengandung banyak vitamin dan mineral.

Buah juga kaya akan serat yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Serat membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan rasa kenyang, dan dapat menurunkan berat badan.

Buah juga mengandung senyawa antioksidan yang membantu melawan radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Konsumsi makanan tinggi antioksidan membantu memperlambat penuaan dan mengurangi risiko penyakit.

BACA JUGA :

Alpukat, Si Buah Ajaib yang Kaya Manfaat : Bisa Bikin Perut Rata Lho

Tak Hanya Enak, 3 Buah Ini Bisa Bikin Kulit Glowing

Ini Dia 14 Buah yang Mengandung Vitamin B Tinggi, Apa Saja Manfaatnya?

Segudang Khasiat Ciplukan, Buah Liar yang Kini Banyak Diburu

  1. Membantu menurunkan berat badan

Buah-buahan kaya nutrisi dan umumnya rendah kalori. Hal ini membuat buah jadi pilihan tepat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Buah juga kaya akan serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang. Hanya dengan makan buah, Anda dapat merasa kenyang tanpa harus mengonsumsi banyak kalori.

Penting juga dicatat bahwa buah utuh dan padat jauh lebih mengenyangkan daripada jus. Alih-alih menurunkan berat badan, minum jus justru meningkatkan asupan kalori.

  1. Menurunkan risiko berbagai penyakit

Secara konsisten, penelitian menemukan bahwa konsumsi buah dapat menurunkan risiko berbagai penyakit serius seperti kanker, diabetes, dan gangguan kardiovaskular.

Sebuah analisis dari sembilan penelitian menemukan, setiap porsi tambahan buah yang dimakan setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 7 persen.

Studi lain menemukan, konsumsi buah seperti anggur, apel, dan blueberry memiliki risiko lebih rendah dari diabetes tipe-2. (*)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment