by

10 Pemain Sepak Bola Top Muslim yang Tetap Berpuasa di Bulan Ramadan

BandungKita.id, BOLA – Bulan ramadan telah tiba. Muslim di seluruh dunia pun mulai melaksanakan ibadah puasa ramadhan, tak terkecuali para pemain sepakbola dunia yang beragama Islam.

Diantara pemain top dunia beragama Islam adalah duet maut Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane. Kedua pemain muslim tersebut termasuk pemain sepakbola yang taat beribadah.

Ketika bulan Ramadan tiba, kedua pemain Liverpool tersebut diketahui tetap menjalankan ibadah puasa bahkan di hari pertandingan. Namun selain Salah dan Mane, ternyata masih banyak pemain top muslim lainnya yang juga tetap berpuasa walau kompetisi sedang berjalan.

Siapa saja pemain sepakbola top muslim yang tahun ini juga berpuasa seperti umat muslim di seluruh dunia. BandungKita.id rangkum beberapa nama tenar, simak ya Sobat BandungKita.id, cekidot :

  1. Hakim Ziyech
Pemain Ajax Amsterdam, Hakim Ziyech (foto:net)

Ajax berjumpa Spurs pada Kamis (9/5/2019) dini hari WIB di Johan Cruijff Arena pada ajang Liga Champions 2018/2019. Laga ini digelar bertepatan dengan bulan Ramadhan. Playmaker Ajax, Hakim Ziyech memilih tetap menjalankan ibadah puasa di hari pertandingan.

Hakim Ziyech memulai laga dalam kondisi berpuasa. Pemain yang akan membela Chelsea pada musim depan itu, seperti dikutip dari The Sun, membatalkan puasanya pada menit ke-22. Ketika waktu berbuka puasa memang sudah tiba.

  1. Demba Ba
Demba Ba yang merupakan seorang muslim melakukan sujud syukur usai mencetak gol saat masih berseragam Chelsea (foto:net)

Demba Ba tidak pernah menutupi identitasnya sebagai seorang muslim. Pemain yang pernah membela Chelsea itu dikenal sering merayakan gol yang dicetaknya ke gawang lawan dengan sujud syukur.

Demba Ba adalah muslim yang taat. Ketika masih membela Chelsea, pemain timnas Senegal tersebut pernah menolak kebijakan klub untuk tidak berpuasa ketika hari pertandingan. Demba Ba tetap menjalankan ibadah puasa kendati pada hari pertandingan.

  1. Karim Benzema
Striker Real Madrid, Karim Benzema (foto:net)

Striker Real Madrid, Karim Benzema dikenal sebagai salah satu pemain muslim yang taat. Di bulan Ramadan tahun 2009, ia bersama dengan Lassana Diarra dan Mahamadou Diarra berpuasa penuh dalam sebulan termasuk saat pertandingan berlangsung.

BACA JUGA :

Barca Wajib Waspada, Real Madrid Bisa Datangkan 2 Pemain Bintang Sensasional Ini

Real Madrid Incar Sadio Mane, Liverpool Langsung Bidik Bintang Timnas Prancis Ini

Woow! Jadi Incaran Real Madrid, MU dan City, Striker Haus Gol Ini Dibanderol Rp 4 Triliun

Karim Benzema juga sering terlihat berdoa sebelum memulai pertandingan. Pada final Liga Champions 2017/2018, Karim Benzema tetap puasa dan Real Madrid pun menjadi juara.

  1. Mohamed Salah
Pemain Liverpool, Mohamed Salah (foto:istimewa)

Salah sudah dikenal sebagai salah satu pesepakbola muslim yang taat. Ia sering membaca Al Quran ketika ia memiliki waktu luang. Tidak jarang pula Salah selalu bersujud saat ia mencetak gol.

“Tidak ada masalah dengan puasa para pemain saya, saya menghormati agama mereka. Mereka selalu luar biasa dan mereka menawarkan yang terbaik apakah mereka berpuasa atau tidak,” kata Jurgen Klopp.

  1. Sadio Mane
Striker Liverpool dan Timnas Senegal, Sadio Mane (foto:net)

Seperti Mohamed Salah, Sadio Mane juga seorang muslim yang taat. Mantan pemain Southampton itu tetap berpuasa ketika menjalani sebuah pertandingan. Sadio Mane juga tidak pernah melewatkan waktu sholat dan hal itu dimaklumi Jurgen Klopp.

“Ada hari-hari ketika Sadio Mane atau Mohamed Salah (telat) datang ke ruang ganti karena mereka sedang salat. Dalam kehidupan ini, ada banyak hal yang lebih penting daripada sepak bola,” ungkap Klopp.

  1. Emre Can
Gelandang Juventus, Emre Can (foto:net)

Pemain Juventus, Emre Can berkewarganegaraan Jerman, namun ia memiliki darah Turki dalam nadinya. Emre Can seorang muslim yang taat, di mana ia sering terlihat berdoa sebelum pertandingan dimulai.

Jelang final Liga Champions musim 2017/2018 lalu, Emre Cam diketahui tetap berpuasa.

  1. Achraf Hakimi
Pemain Dortmund, Achraf Hakimi (foto:net)

Achraf Hakimi merupakan pemain kelahiran Spanyol yang memiliki darah Moroko dalam nadinya. Achraf Hakimi memeluk agama Islam semenjak ia kecil. Dia menjadi seorang muslim yang taat.

BACA JUGA :

Real Madrid Resmi Dapatkan Pemain Muda Timnas Brasil, Ini Profilnya

Musim Depan Liverpool Terancam Kehilangan Mohamed Salah 4 Bulan, Ini Sebabnya

Harganya Diturunkan, Paul Pogba Dikabarkan Segera Tinggalkan Manchester United

Manchester United Dikabarkan Incar Tiga Pemain Ini Musim Depan, Siapa Saja?

Achraf Hakimi kini bermain untuk Dortmund, dengan status pinjaman dari Real Madrid. Pada musim 2018/2019, dia tetap puasa kendati harus menjalani laga bersama Dortmund. Sejak di Dortmund, Hakimi selalu tampil bagus.

  1. Franck Ribery
Mantan pemain Bayern Muenchen dan Timnas Prancis, Franck Ribery (foto:net)

Pemain Timnas Prancis, Franck Ribery kini bermain untuk Fiorentina. Legenda Bayern Munchen tersebut selalu menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan. Bahkan, dia punya tips berbuka puasa yang baik untuk pemain sepak bola.

“Anda harus banyak minum air karena itu mencegah rasa lapar. Saya melihatnya di televisi,” ujar Franck Ribery seperti dilansir Football France

“Di sisi lain, penting untuk menghindari minuman soda karena mengandung banyak gula,” ucap Franck Ribery yang menolak ketika diminta minum bir untuk merayakan pesta juara Bayern Munchen.

  1. Paul Pogba
Gelandang Manchester United, Paul Pogba saat berada di Kota Suci Mekkah (foto:net)

Paul Pogba dikenal sebagai muslim yang taat. Ketika jeda kompetisi, pemain Manchester United tersebut acap kali menjalankan ibadah umrah ke Mekah. Paul Pogba beberapa kali beribadah langsung ke Mekah.

“Selamat Ramadan untuk semua saudaraku, semoga Allah memberikan ampunan atas dosa kita semua dan menerima amal ibadah kita. Ramadan adalah tentang bagaimana kita mendekatkan diri pada Allah, tidak ada lagi perbuatan dosa, sholat tepat waktu, saling membantu orang yang membutuhkan,” kata Paul Pogba pada 2016 lalu.

“Tidak ada orang yang sempurna, tapi kita semua bisa berusaha! Kita tidak boleh membenci orang lain, dan sudah seharusnya kita mencintai sesama,” tambahnya.

  1. Mesut Ozil
Bintang Arsenal, Mesut Ozil (foto:net)

Bintang Arsenal, Mesut Ozil, sering berdoa lebih dulu sebelum memulai laga. Selain sering berdoa, mantan pemain Real Madrid itu juga diketahui tetap puasa pada bulan Ramadan. Namun, dia juga pernah tidak puasa tepatnya pada Euro 2016.

“Cuaca terlalu hangat di musim panas dan kami memiliki sesi latihan yang intensif, juga pertandingan yang dilakoni. Karenanya, tidak memungkinkan bagi saya untuk tetap menjalankan ibadah puasa Ramadan,” ujar Mesut Ozil.

Dan, Mesut Ozil diketahui sering membaca Alquran di ruang ganti jelang pertandingan. Bahkan, Mesut Ozil sering menerangkan cara membawa Alquran kepada Cristiano Ronaldo saat masih di Real Madrid.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : bola.net

Comment