by

Tidak Usah Antri, Korlantas Polri Jelaskan Cara Perpanjang SIM Online

BandungKita.id, NASIONAL – Inovasi dihadirkan Kepolisian untuk memberikan layanan bagi masyarakat yang ingin memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) internasional.

Seperti yang dilakukan Polres Bangka Tengah (Bateng).

Polres Batang memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan SIM internasional. Tidak perlu repot ke Samsat, perpanjangan bisa dilakukan di rumah.

Pemohon cukup menunggu di rumah, SIM yang telah diperpanjang akan dikirim sesuai alamat.

Kabag Ops Polres Bateng, AKP Yudha Wicaksono mengatakan saat ini Korlantas Polri melakukan adaptasi tatanan New Normal.

BACA JUGA :

Lokasi SIM Keliling Kota Bandung 6 Juli 2020

Sehingga saat ini perpanjangan SIM bisa diproses tanpa kehadiran pemohon, dan hal serupa juga diterapkan oleh Polres Bateng.

“Sekarang kita bisa memanfaatkan jasa pengiriman untuk mengirim buku SIM Internasional ke alamat rumah pemohon,” ujar Yudha seperti dilansir BandungKita.id dari situs resmi Korlantas Polri.

Lantas bagaimana cara perpanjang SIM dari rumah?

Yakni dengan mengakses www.siminternasional.korlantas.polri.go.id atau cukup menulis kata kunci SIM Internasional melalui browser di handphone atau komputer.

Kemudian melakukan registrasi online dengan melakukan pengisian data diri, seperti mengupload foto SIM yang masih berlaku, foto KTP, foto Paspor, foto KITAP khusus WNA, pas foto dengan warna latar belakang putih, dan foto tanda tangan.

BACA JUGA :

Khawatir Tabrak Pesepeda di Malam Hari? Begini Cara Menghindarinya

Setelah semua data lengkap, pemohon akan menerima nomor rekening pembayaran yang saat ini menggunakan Briva Bank BRI untuk melakukan pembayaran PNBP SIM Internasional dan jasa pengiriman.

“Bukti pembayaran akan dikirim melalui email. Pembayaran dapat di lakukan secara Non tunai Melalui ATM, M-Banking, Internet Bangking maupun setor tunai pada Bank,” jelasnya.

Sebagai informasi, aturan pembuatan SIM internasional secara online ini juga berlaku secara nasional. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Comment