by

Hadapi Musim Hujan, BPBD Kota Cimahi Himbau Warga Siaga Bencana

BandungKita.id, CIMAHI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi mulai bersiap menghadapi musim hujan. Masyarakat diimbau melakukan antisipasi bencana musim hujan ditengah kondisi pandemi covid-19.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi Asep Bahtiar mengatakan hal itu, Selasa (29/9/2020). “Kegiatan persiapan tanggap bencana musim hujan sudah mulai dilakukan meski dalam situasi pandemi,” katanya saat ditemui di Kantor BPBD Kota Cimahi Jalan Daeng Moh. Ardiwinata, Kota Cimahi, Rabu (30/09/2020).

BPBD Kota Cimahi telah mendapat pemberitahuan perkiraan musim hujan sesuai surat dari BMKG Bandung tertanggal 24 September 2020. Disebutkan musim hujan di wilayah Jabar pada umumnya dimulai Oktober 2020 dengan puncak musim hujan pada Februari 2021. Diperkirakan musim hujan kali ini hujan basah kering.

“Atas surat tersebut, BPBD Kota Cimahi melakukan kesiapan diantaranya pemetaan titik potensi bencana dan pemantauan ke lapangan. Kesiapan logistik peralatan dan perlengkapan termasuk bantuan bencana, hingga kesiapan personil dimana kita sudah rutin terapkan sistem piket tiap harinya,” jelasnya.

BACA JUGA :

Komitmen Atasi Banjir Melong, Pemkot Cimahi Bebaskan Ribuan Meter Lahan

Wilayah Cimahi Bagian Selatan Jadi Titik Paling Rawan Banjir

Dalam Dua Pekan, Banjir di Kota Cimahi Telan 2 Orang Korban Jiwa

Potensi bencana di musim hujan terutama banjir dan longsor yang tersebar di wilayah Kota Cimahi. Sesuai pemetaan, potensi bencana musim hujan seperti banjir, longsor, tanggul jebol, kirmir ambrol, dan lainnya.

Pihaknya berkoordinasi dengan kewilayahan agar bisa melakukan antisipasi bencana, termasuk dengan relawan dari masyarakat.

“Kami akan berkirim surat ke kelurahan-kecamatan untuk mulai meningkatkan kewaspadaan potensi bencana musim hujan. BPBD juga berkoordinasi dengan instansi vertikal lain seperti Damkar, PMI, dan relawan masyarakat binaan Kelurahan Tangguh Bencana, juga bersama Keluarga Siaga Bencana, dan relawan lainnya,” jelasnya.

Di sisi lain, BPBD Kota Cimahi juga turun melakukan penanganan covid-19. “Kami mengingatkan masyarakat akan potensi bencana di musim hujan.Mudah-mudahan tahun ini tidak terlalu berat dampak bencana akibat hujan,” ungkapnya. (*)

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Sumber : Humas Pemkot Cimahi

Comment