by

Resmikan Alun-alun Paamprokan Pangandaran, Kang Emil: Semoga Meningkatkan Kebahagiaan

BandungKita.id, PANGANDARAN – Soft opening Alun-alun Paamprokan di Kabupaten Pangandaran oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil berjalan lancar pada hari Minggu (24/1/2021).

Pria yang akrab diapa Kang Emil itu berharap dengan dibukanya ruang terbuka baru inikebahagiaan umum warga Jabar dan Pangandaran khususnya bisa meningkat.

Kang Emil mengatakan filosofi nama alun-alun ini yang berasal dari bahasa sunda yakni ‘Amprok’ yang artinya bertemu. Sehingga tempat ini bermanfaat untuk tempat bertemu, proses interaksi ekonomi, budaya dan lainnya.

Namun tentu saja dalam masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, warga harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat saat ke Alun-alun. Terutama dalam memakai masker dan jaga jarak.

BACA JUGA :

Sampah Mengapung di Pangandaran, Wisatawan: “Ibu Susi Tau Gak Ya?”

Pangandaran Rawan Pelanggaran, Bupati Akan Sanksi Wisatawan

Sentil Wisatawan dan Pengusaha di Pangandaran, Pemprov Jabar : Jangan Buang Limbah Kelaut

“Silahkan manfaatkan Alun-alun Paamprokan Pangandaran ini, tapi harus dengan prokes. Untuk sekarang keramaian belum bisa, tapi mungkin tahun 2022 nanti bisa bermanfaat untuk meramaikannya,” jelas Kang Emil.

Suami dari menjelaskan ada beberapa fasilitas yang akan dibangun. Mulai dari Plaza utama. Menara pandang, paviliun, splash, pedestrian, mushola, shelter untuk UKM atau PKL, pos jaga dan jogging track.

“Tentunya ruang terbuka publik ini dapat mendorong perekonomian masyarakat setempat dan mendukung pariwisata,”katanya.

Pembangunan Alun-alun Paamprokan Pangandaran ini sebagai bentuk kolaborasi Pemprov Jabar bersama dunia usaha. Meski telah buka, namun saat ini masih proses pembangunan dengan progres 85 persen dan rencananya selesai pada Februari 2021. Awal mulai pembangunan pada 23 Oktober 2020 lalu.

Courtsey : Humas Pemprov Jabar

Sementara Kadis Perkim Jabar Boy Iman Nugraha mengatakan alun-alun ini dibangun pada lahan 1,8 hektar milik Pemprov Jabar. Menurut Boy, ruang terbuka publik ini tentunya penting untuk masyarakat.

“Ruang publik penting untuk interaksi warga Jabar. Juga untuk mengekspresikan berbagai macam hal positif,” ungkapnya.

Sekda Pangandaran Kusdiana mengatakan pembangunan Alun-alun Paamprokan ini merupakan sinergitas antara Pemprov Jabar dengan Pemkab Pangandaran. Dengan soft opening ini menjadi kabar baik untuk masyarakat.

“Dengan adanya ruang publik ini dapat meningkatkan indeks kebahagiaan, sehingga imun tubuh akan meningkat dan bisa membantu melawan penyakit dari tubuh kita,” jelasnya. (*).

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Sumber : Humas Pemprov Jabar

Comment