by

Tipu Warga, Polisi Gadungan Dicokok Polresta Bandung

BandungKita.id, Kabupaten Bandung – Seorang pria berinisial FF ditangkap Polresta Bandung setelah ketahuan beraksi sebagai anggota polisi untuk menipu para korbannya.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan menjelaskan, FF merupakan spesialis tindak kejahatan penipuan dengan berkedok sebagai anggota polisi. Hal ini dilakukan pelaku untuk memikat calon korbannya.

Sambungnya, aksi penipuan FF di wilayah Kabupaten Bandung terjadi pada Selasa (19/10/2021) sekitar pukul 20.00 WIB. Pelaku ketika itu hendak membeli dua unit handphone milik korban.

“Jadi pelaku ini janjian sama korban untuk membeli dua unit handphone dan pelaku mengaku anggota Polri,” ujarnya dikutip dari Instagram @polrestabandung, Selasa,(2/11/2021).

Tak hanya itu, untuk lebih meyakinkan korbannya, pelaku bahkan berani melakukan transaksi jual belinya di depan Mapolresta Bandung.

“Ternyata modusnya untuk meyakinkan korbannya, pelaku ini ternyata melakukan transaksinya di depan Mapolres,” katanya.

Ia mengatakan, setelah bertemu korban, pelaku kemudian memeriksa handphone milik korban. Pelaku pun berpura – pura ingin mengecas handphone tersebut.

BACA JUGA:

ODGJ Tusuk Warga Hingga Tewas di KBB, Polisi Belum Tentukan Status Hukum Pelaku

Kakak Beradik di Bandung Tusuk Teman Hingga Tewas, Polisi Sebut Karena Tersinggung

Namun setelah beberapa menit berselang, korban curiga terhadap pelaku karena tidak kembali lagi. Merasa tertipu, korban kemudian melaporkannya ke Polresta Bandung.

Hingga akhirnya, pelaku berhasil ditangkap di Cikarang Barat, Kota Cikarang pada Minggu (24/10/2021) setelah lima hari pengejaran.

“Pelaku berhasil kami tangkap dengan beberapa barang bukti hasil kejahatannya,” kata Hendra.

Kepada penyidik, lanjut Hendra pelaku mengaku sudah sering berpura-pura menjadi polisi dan melakukan penipuan di sejumlah tempat di Jawa Barat.

“Ternyata pelaku ini sudah melakukan aksinya empat kali dengan modus yang sama mengaku sebagi anggota Polri dan transaksinya tidak hanya di depan Polresta Bandung saja, tapi ada di Polresta Bogor, Polres Metro Bekasi dan Cawang Jakarta Timur,” ucapnya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 372 KUHPidana dan atau 378 KUHP dengan ancaman paling lama enam tahun tujuh bulan penjara. (Faqih Rohman Syafei) ***

Comment