by

Reaksi Netizen Soal Erick Minta Toilet SPBU Pertamina Gratis

BandungKita.id, Bandung – Menteri BUMN Erick Thohir dalam beberapa hari terakhir tengah menjadi buah bibir di kalangan netizen. Pasalnya, Erick meminta pengelola SPBU Pertamina untuk menggratiskan toilet dan tidak berbayar lagi.

Dalam video yang diunggah oleh Erick Thohir pada akun Instagram pribadinya, Senin (22/11/2021). Terlihat dirinya sempat berbincang dengan seorang penjaga toilet SPBU Pertamina milik swasta di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur.

Erick bahkan mempertanyakan, toilet di SPBU Pertamina harus berbayar. Padahal, toilet merupakan fasilitas umum yang mestinya bisa digunakan oleh pengguna jalan secara cuma-cuma alias gratis.

“Kenapa gak gratis ? Ini kan fasilitas umum,” kata Erick kepada penjaga toilet SPBU Pertamina.

“Saya kurang tahu pak, soalnya saya cuma kerja pak…Terus saya di kontrak sama yang punya,” jawab penjaga toilet tersebut.

Baca Juga

Proyektil Berhasil Diangkat, Bocah Korban Peluru Nyasar Kondisinya Membaik

Laswee Creative Space Hadir Jadi Pesaing Bandung Creative HUB (BCH)

Erick pun meminta kepada Pertamina untuk menggratiskan fasilitas toilet umum yang ada diseluruh SPBU. Menurutnya, pemilik SPBU sudah mendapatkan untung dengan berjualan bahan bakar minyak (BBM), serta mini market yang kerap ada di dalam area SPBU.

“Kepada direksi Pertamina saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis. Karena sudah dapat dari jualan bensin. Ada juga toko kelontong. Jadi, masyarakat mestinya mendapatkan fasilitas tambahan,” katanya.

Postingan ini pun ditanggapi beragam oleh netizen. Pro kontra perihal pernyataan Erick pun terlihat dari sejumlah komentar netizen. Sebagian netizen ada yang mendukung.

“Akhirnya tak perlu lagi lari2 ke mobil buat ambil uang 2000 nya wkwkkwkwkw hidup bapa menteri @verencl_j @mandysachi3842,” tulis akun @venny_kosasih.

“Setuju…. SMG pom bensin di kota Mojokerto dan sekitarnya jg Gratis sehat selalu pak @erickthohir,” tulis akun @officialaerith.

Sementara itu ada juga yang tidak mempermasalahkan bayar Rp2.000 sekedar untuk perawatan. Bahkan ada yang menyindir terkait harga antigen dan PCR.

“Klo saya pribadi sih bakal tetap kasih mereka uang 2000rb. Toh anggap saja kasih uang jajan mereka dan buat mereka tetap semangat menjaga kebersihan toilet yg kita gunakan,” tulis akun @rheva_robert.

“kenapa PCR nggak gratis pak @erickthohir,” tulis akun @munazzz.

Tak hanya ramai dibincangkan di Instagram saja, permintaan Menteri BUMN ini pun banyak ditanggapi oleh netizen di sosial media Facebook. Misalnya saja akun Soni Budiman yang meminta Erick Thohir menggratiskan tes antigen dan PCR.

Terima kasih Bapak, atas kebijakan penggratisan toiletnya.

Namun mohon maaf pa, sekali lagi mohon maaf…
Insya Allah sayamah ridho kalau untuk bayar toiletmah, malahan kalo lagi punya uang, saya suka masuk lagi aja ke toilet daripada nerima kembalian dari penjaganya.
Kasian…dia suka bebersih….

Sebetulnya yang saya mintamah bukan toilet gratis Pa, tapi ini Pa,

” Tolong Gratiskan PCR dan Antigen….”

Nuhun Pa ET….,” tulisnya. (Faqih Rohman Syafei)

Comment