Doa Saat Hujan Agar Diberi Keberkahan

BandungRayaKita17649 Views

Bandungkita.id, BANDUNG – Sebagian besar wilayah di Bandung Raya diperkirakan akan mengalami potensi hujan ringan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, hujan bakal mengguyur dari pagi sampai malam hari.

Namun tak jarang dengan adanya hujan yang terus menerus bisa menjadi pemicu bencana seperti banjir maupun longsor. Ketika terjadi hujan secara terus menerus, kita dianjurkan untuk berusaha dan berdoa agar terhindar dari bencana.

Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk membaca doa sebagai upaya atau ikhtiar agar senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Sebab, terjadinya hujan pada dasarnya adalah berkah dalam Islam. Seperti halnya firman Allah SWT:

Dialah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu. (Surat An-Nahl ayat 10)

Berikut doa-doa ketika turun hujan:

Doa ketika turun hujan
اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا
“Allahumma shayyiban nafi’an.”

Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat. (HR Bukhar dari Aisyah RA).

Doa ketika takut bahaya hujan deras
اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ
“Allahumma hawalaina wala ‘alaina. Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari.”

Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan. (HR Bukhari Muslim)

Doa setelah turun hujan
مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ
“Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi.”

Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya. (HR Bukhari).

Comment