Meriahkan Ramadan, Warga Cicaheum Bandung Hias Perkampungan dengan Mural Kaligrafi

#RamadanKita59338 Views

Bandungkita.id, RAMADAN – Warga di RW 02, Kelurahan Cicaheum, Kecamatan Kiara Condong, Kota Bandung punya cara tersendiri untuk memeriahkan datangnya bulan suci Ramadan 1444. Secara swadaya warga menghias gang menuju perkampungan hingga dinding rumah mereka dengan aneka mural kaligrafi yang indah.

Murah kaligrafi tersebut umumnya merupakan kalam Allah berupa potongan ayat suci Al-Qu’an serta hadist Nabi Muhammad SAW yang bernada ajakan untuk berbuat baik sepertk halnya mencintai lingkungan dengan menjaga kebersihan.

Ide awal kreasi ini tercetus sejak lama dan berasal dari inisiatif warga yang tergerak untuk mengubah kawasan tempat tinggal mereka yang sebelumnya terkesan kumuh menjadi lebih asri.

Baca Juga:

Hore! Tol Cisumdawu Bisa Digunakan Saat Mudik Lebaran 2023

Yuk Ketahui Hukumnya Puasa Tanpa Sahur

Bau Mulut Saat Berpuasa? Ini Penyebab dan Cara Atasinya

Seni kaligrafi pun dipilih oleh warga sebagai tema agar mewujudkan kawasan tersebut sebagai perkampungan yang agamis.

Pada momen Ramadan tahun ini, warga pun memperluas cakupan karya seni tersebut dari sebelumnya hanya tidak RT menjadi 7 RT sepanjang lebih dari 400 meter.

Video Pilihan:

“Alhamdulillah sampai saat ini pembentukan mural kaligrafi dapat dikenal orang banyak, salah satunya alhamdulillah sebagai syiar kita sebagai muslim yang agamis di gang raden jibja, budaya kita adalah budaya yang agamis,” ujar Wisman Dadi, salah seorang pengurus RW 02 Cicaheum, Kota Bandung.

Saat ini, kawasan Gang Raden Jibja mulai dikenal sebagai kampung wisata kaligrafi yang ada di Kota Bandung. Tak jarang, warga maupun pengendara sengaja menepi untuk sekedar mengabadikan momen dengan berswafoto.

Comment