Pemkab Bandung Barat Raih WTP Ketiga Kali Berturut-turut dari BPK RI

Kabupaten Bandung158006 Views

Bandungkita.id, KBB – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (Pemkab Bandung Barat) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ketiga kalinya dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia. Prestasi ini diberikan atas hasil penilaian Laporan Hasil Pengawasan (LHP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) KBB, Ade Zakir, mengungkapkan bahwa pencapaian WTP ini merupakan hasil dari kerja keras tim dalam mengelola keuangan daerah dengan baik. “Alhamdulillah, tiga kali berturut-turut kita bisa meraih WTP. Ini bukan seperti Supermen yang kita terima begitu saja, namun berkat kerja keras tim,” ujar Ade, saat dihubungi Rabu malam (22/5/2024).

Namun demikian, Ade Zakir mengingatkan kepada seluruh Perangkat Daerah untuk tidak berleha-leha meskipun telah meraih opini WTP. Ia menegaskan bahwa BPK masih memberikan beberapa catatan yang perlu ditindaklanjuti.

“Kita akan segera melakukan perbaikan-perbaikan. Insyaallah bisa kita selesaikan karena kita punya pengalaman,” tambahnya. Ade berharap, KBB dapat mempertahankan opini WTP ini di tahun-tahun berikutnya. Untuk itu, ia mengajak seluruh Perangkat Daerah untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola keuangan yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Semoga saja, WTP ini menjadi motivasi bagi para Perangkat Daerah dalam tata kelola keuangan lebih baik lagi,” kata Ade.

Penyerahan opini WTP atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023 ini dilakukan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Sudarminto Eko Putra. Penghargaan tersebut diterima oleh Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Arsan Latif, dan Ketua DPRD KBB, Rismanto.

Pemkab Bandung Barat terus menunjukkan komitmennya dalam mengelola keuangan daerah dengan baik, transparan, dan akuntabel. Prestasi WTP yang diraih berturut-turut ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh jajaran Pemkab Bandung Barat untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. (Diskominfotik KBB)

Comment