oleh

Antisipasi Banjir, Pemkot Bandung Berencana Bangun Kolam Retensi Sirnaraga Tahap Dua Pada 2020 : Daerah Ini Diperkirakan Tak Lagi Banjir

BandungKita.id, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) berencana membuat kolam penampungan air sementara atau kolam retensi Sirnaraga Tahap 2. Kolam tersebut diperkirakan dapat mengurangi potensi banjir yang kerap melanda Kota Bandung saat musim hujan tiba khususnya di kawasan Cicendo, Andir, Pajajaran, Pagarsih dan sekitarnya.

Kepala Dinas PU Kota Bandung, Arif Prasetya mengatakan Kolam Retensi Sirnaraga 2 akan dibangun diatas lahan seluas 1.700 meter persegi.

“Kita rencananya akan membangun Kolam Retensi Sirnaraga 2 di tahun 2020,” ungkap Arif kepada BandungKita.id, Selasa (8/1/2019).

Total anggaran pembangunan kolam retensi tersebut, kata Arif, diperediksi bakal menghabiskan dana yang lebih besar, hal itu disebebkan bahan material yang diprediksi mengalami kenaikan.

“Kalau kolam retensi Sirnaraga yang ini menelan dana sampai Rp 5,4 miliar, yang kedua nanti akan lebih, mungkin Rp 6-7 miliar karena harga-harga kan mungkin naik,” lanjut Arif.

Terkait lokasi, Arif menyebut akan berada di sekitar Kolam Retensi Sirnaraga yang berada di Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo.

“Masih di sekitar sini ya, di sebelah atas,” ujarnya.

BACA JUGA :

Mengetahui hal tersebut warga yang berada di sekitar Kolam Retensi Sirnaraga merasa was-was. Pasalnya mereka khawatir tempat tinggal serta lapak dagang yang dimilikinya saat ini terdampak proyek rencana pembangunan Kolam Retensi Sirnaraga 2.

“Katanya mau ada pembangunanan tahap ke-2, belum tahu apa yang ini (kolam retensi Sirnaraga) mau dilebarin atau beda tempat. Pokoknya ya saya takut kena bongkar aja ini rumah sama lapak jaualan juga. Kalau misalkan nanti ada pembangunan Kolam retensi Sirnaraga 2 dan tempat tinggal kita akan terkena dampak ya dibicarakan dulu,” ujar Suryani (41), yang merupakan warga asli setempat.

Pantauan di lokasi, tempat tinggal perempuan yang akrab disapa Ani tersebut hanya berjarak kurang lebih 2 meter dari taman yang menjadi bagian dari Kolam Retensi Sirnaraga 1.

“Ini rumah saya, nempel sama taman, kalau misal nanti ada pembangunan kolam yang ke 2 ya takut juga sih,” kata Ani

“Denger-denger di kolam 1 ini, mau ada penataan pedagang juga, tapi harus nyewa. Enggak mau saya, mau tetep jualan depan rumah aja walau pun lapaknya kecil tapi nyaman,” tambah perempuan tersebut.

Diberitakan BandungKita sebelumnya, Wali Kota Bandung Oded M Danial telah meresmikan Kolam Retensi Sirnaraga di Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Selasa (8/1/2019). Kolam dengan total luas lahan 1.792 Meter Persegi itu diharapkan dapat meminimalisir banjir di Kota Kembang. (TRH/BandungKita.id)

Komentar