David De Gea Banjir Pujian Usai Lakukan 11 Penyelamatan Gemilang Saat Lawan Spurs

BandungKita.id, BOLA – Minggu, 13 Januari 2019, di Stadion Wembley, Inggris, penjaga gawang Manchester United David De Gea diuji sampai mentok oleh barisan lini depan Tottenham Hotspur. Ia sampai jungkir balik dan beberapa kali menentang gaya gravitasi agar gawang Setan Merah tak kebobolan.

Tercatat De Gea melakukan 11 kali penyelamatan dalam pertandingan itu. Empat kali menggagalkan usaha Harry Kane, tiga kali membuat Dele Alli geleng-geleng kepala, dan masing-masing sekali mementahkan usaha Son Heung-min, Toby Alderweireld, Fernando Llorente, serta Christian Eriksen.

Karena penampilan gemilang De Gea tersebut, Tottenham Hotspur gagal mencetak gol pada laga tersebut. MU menang 0-1, dan De Gea dinobatkan sebagai man of the match.

“Sebelas penyelamatan yang dilakukan De Gea sangat luar biasa. Ia amat pantas dinobatkan sebagai man of the match,” puji Mauricio Pochettino, pelatih Spurs, setelah pertandingan seperti dikutip dari tirto.

Peter Schmeichel, mantan kiper United, secara terang-terangan menyebut bahwa “De Gea adalah tembok.” Sementara Ander Herrera kehilangan kata-kata untuk menyanjung penampilan rekan senegaranya itu.

Di hadapan De Gea, Juan Mata bertingkah seperti seorang gadis yang baru saja mendapatkan kejutan dari kekasihnya: Mata takjub, tersenyum, memegangi kepala dengan kedua tangannya, lantas memeluk kompatriotnya itu.

Keesokan harinya, Mata menulis di blog pribadinya: “De Gea memberi kesan bahwa di mana pun mereka (pemain-pemain Spurs) mengarahkan bola, bola itu akan berakhir di pelukannya. Luar biasa.”

Di antara hujan pujian untuk De Gea itu, pujian dari Piers Morgan merupakan yang paling menarik. Kesal karena Arsenal bermain buruk dan kalah 1-0 dari West Ham United pada pertandingan sehari sebelumnya, jurnalis Inggris pemuja Arsenal itu memuji De Gea sekaligus “marah-marah” kepada para pemain The Gunners..

“De Gea lebih cakap menggunakan kakinya hari ini daripada gabungan setiap pemain Arsenal kemarin,” cuitnya.

Morgan tentu mempunyai alasan mengapa ia sampai membandingkan kaki De Gea dengan kaki para pemain Arsenal. Hari itu, lima dari sebelas penyelamatan yang dilakukan De Gea memang terjadi karena kakinya tak kalah cekatan dari kedua tangannya. (ZEN/BandungKita.id)

Comment