by

Penyuka Tanaman Kaktus? Lakukan Hal ini Biar Kaktusmu Tidak Mati

Bandungkita.id, TIPS – Apakah kamu salah satu penyuka tanaman kaktus? Kaktus saat ini memang semakin digemari banyak kalangan. Bahkan saat ini banyak juga lho yang menjadikan tanaman kaktus sebagai souvenir.

Selain bentuknya yang cantik dan unik, kaktus juga banyak jenisnya seperti Ariocarpus, Astrophytum, Cereus tetragonous, Chepalocereus senilis dan masih banyak lagi. Perawatannya pun tidaklah sulit karena mampu berdaptasi diberbagai kondisi lingkungan seperti dingin, panas, kering sekalipun kekurangan air.

Namun tak jarang juga kaktus mati dan membusuk karena cara merawatnya yang kurang tepat. Lalu bagaimana sih cara merawat kaktus yang baik dan benar agar tidak mati ataupun membusuk? Nah ini dia 5 cara agar kaktusmu terawatt dengan baik, berikut langkahnya :

1. Suhu Udara

Walaupun kaktus mudah beradaptasi di berbagai suhu lingkungan, kaktus juga bisa mati jika ditempatkan sembarangan. Kaktus sebaiknya ditempatkan disuhu yang sejuk tapi tidak lembab. Jika ditempatkan di suhu yang terlalu dingin kaktus akan mudah membusuk, begitupun jika ditempatkan disuhu yang terlalu kering kaktus akan mudah layu dan mati.

2. Siram air secukupnya

Sesekali kaktus juga perlu disiram denga air agar tetap segar. Namun jangan disiram setiap hari ya karena akan rentan membusuk. Cukup disiram 1-3 kali dalam seminggu saja.

3. Paparan sinar matahari

Hindari tanaman kaktus dari sinar matahari langsung, mengapa demikian? Walaupun kaktus dikenal sebagai tanaman yang hidup diwilayah tandus, beberapa dari jenisnya akan mudah layu dan kering jika terkena paparan sinar matahari secara langsung. Untuk itu mulailah pindahkan tanaman kaktusmu ke tempat yang sedikit teduh ya.

4. Simpan di media yang tepat

Kaktus ditanam ke dalam pot sesuai dengan ukurannya. Selain itu ditanam dengan tanah dan pupus kompos bertekstur kasar dan tidak terlalu padat. Jika ditanam dengan tanah yang padat dan terlalu lembab, kaktus tidak bisa tumbuh dengan baik.

5. Gunakan insektisida

Cegahlah munculnya serangan hama dengan penyemprotan insektisida secara rutin dan terjadwal. Insektisida ini bisa kamu beli di kios pertanian. Itu dia 5 langkah mudah merawat tanaman kaktus agar tetap sehat dan cantik, semoga tanaman kaktusmu tetap terjaga dengan baik ya. (DIN/Bandungkita)

(berbagai sumber)

 

Comment