oleh

Anggaran Perbaikan Jalan Martanegara Cimahi Rp 1,3 Miliar

BandungKita.id, CIMAHI – Pemerintah Kota Cimahi siapkan anggaran sebesar Rp 1,3 miliar untuk perbaikan Jalan Mahar Martanegara yang rusak akibat banjir sejak akhir tahun 2018 lalu.

“Perbaikan saluran dan segala rupa mencapai Rp 1,3 miliar. Untuk perbaikan jalan tersebut,” ungkap Kepala Bidang Bina Marga, Wilman Sugiansyah di ruanganya, Senin (25/2/2019).

Wilman mengatakan, jalan rusak tersebut membentang sepanjang 600 meter dari utara ke selatan. “Kurang lebih untuk overlay aspalnya itu kurang lebih 600 meteran,” tambahnya.

Selain perbaikan jalan, menurut Wilman, perbaikan drainase juga diperlukan. Ia menduga drainase yang sempit menjadi sebab meluapnya air Sungai Ciputri hingga merendam badan jalan. Genangan itulah yang membuat aspal jalan mengelupas.

“Untuk beberapa spot kita ada perbaikan dreinase adapun juga tahun ini kami fokus ada lagi anggaran untuk memperbaiki dreinase keseluruhan jalan mahar,”papar Wilman.

Dikatakan Wilman, berdasarkan hasil kajian dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) yang bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), lebar saluran untuk Sungai Ciputri yang layak memiliki lebar 6 meter. Namun, lebar saat ini hanya 3 meter dan mengerucut kecil karena aliran drainase pemukiman yang hanya memiliki lebar 1,5 meter.

“Itu yang menyebabkan volume air yang sedang tinggi, melimpas ke jalanan. Karena derasnya arus air yang mempunyai daya rusak, sehingga menggerus aspal yang ada,” terangnya.

Baca juga : Perbaikan Jalan Mahar Martanegara Cimahi Tunggu Cuaca Bersahabat

Dia berharap, seluruh elemen terkait mau bekerja sama. Baik BBWS, DPKP ataupun warga setempat agar menjaga lingkungan dari pencemaran limbah sampah yang menghambat aliran air dan berakibat banjir.

“Memang kami harapkan, harus ada sinergitas untuk perbaikan drainasenya. BBWS sendiri di tahun ini memang merencanakan akan merevitalisasi sungai itu. Diharapakan mungkin kedepannya tidak akan terjadi lagi lah kejadian-kejadian seperti kemarin,” tutupnya.***(BagusFallensky/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

Komentar