by

Jelang Hari Konsumen Nasional 2019, Direktorat Metrologi Gelar Pengawasan Timbangan Para Pedagang di KBB

BandungKIta.id, NGAMPRAH – Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Metrologi menggelar pelatihan metode pengawasan sederhana timbangan para pedagang di pasar tradisional maupun modern. Pelatihan yang digelar di Pusat Pengembangan Sumberdaya Kemetrologian Kementerian Perdagangan (PPSDK), Parongpong, Kabupaten Bandung Barat tersebut diikuti puluhan peserta dari sejumlah petugas pasar.

“Kegiatan ini adalah kali kedua, minggu lalu digelar acara yang sama dengan diikuti 30 orang juru ukur takar dan timbang yang dijuluki “Kang Ujang” atau Tukang Uji Timbangan selama 2 hari. Hari ini juga sama diikuti oleh 30 peserta,” kata Kepala Sub Bagian umum dan kepegawaian Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan, Indra Wijayanto, dalam keterangan resminya, Senin (11/3/2019) lalu.

Lebih lanjut, Indra menjelaskan acara yang digagas atas kerjasama dengan Pemkab Bandung Barat tersebut digelar dalam rangka menyambut Hari Konsumen Nasional 2019. Nantinya diharapkan para peserta dapat mengetahui metode pengawasan dan pemeriksaan sederhana pada timbangan-timbangan di pasar tradisional maupun modern.

“Diharapkan Kang Ujang bisa membantu tugas-tugas Kemetrologian yang selama ini mungkin kurang optimal karena sidang tera ulang timbangan dilakukan hanya 1 tahun sekali. Dengan adanya Kang Ujang di lokasi pasar, kecurangan atau kesalahan timbangan akan cepat dapat diketahui,” lanjut Indra.

Sementara itu, Kasubdit Penilaian dan Evaluasi Jabatan Fungsional Kemetrologian, Direktorat Metrologi, Kementerian Perdagangan, Usman menjelaskan dengan meningkatnya kemampuan petugas takar dan timbang pedagang ataupun pembeli tidak ada yang dirugikan.

“Program ‘Kang Ujang’ ini rencananya akan di resmikan oleh Pak Jokowi pada saat acara Hakornas tanggal 20 Maret 2019 di Lapangan Gasibu Bandung,” ungkapnya.

Kedepanya, lanjut Usman, program juru timbang akan dikembangkan di seluruh Indonesia dengan menggandeng Kabupaten/Kota untuk dilatih di PPSDK. Selain pelatihan Juru Timbang, disaat yang sama juga dibuka secara resmi pelatihan teknis Pengelolaan Laboratorium Unit Metrologi Legal (UML) dan Diklat Teknis Penetapan Angka Kredit (PAK) untuk para Fungsional Penera di PPSDK Kabupaten Bandung Barat.

“PPSDK sebagai satu satunya pencetak SDM Kemetrologian di Indonesia juga membuka serta menawarkan kerjasama dan pelatihan kepada Pemda maupun sektor swasta dalam rangka peningkatan kompetensi pegawai di bidang pengukuran,”pungkas Usman. (Tito Rohmatulloh/BandungKita)

Editor: Dian Aisyah

Comment