by

H-1 Kampanye Global Earth Hour, Ratusan Negara Akan Matikan Lampu Secara Serentak, Catat Waktunya!

BandungKita.id, BANDUNG – Jaringan Komunikasi Bandung Bijak Energi (JKBBE) akan mengusung kampanye penghematan energi listrik bertajuk Global Switch Off Earth Hour pada 30 Maret 2019 di Kawasan Plaza Trans Studio Mall (TSM), Bandung, mulai pukul 09.00 s.d 22.00 WIB.

Global Switch Off Earth Hour adalah gerakan mematikan peralatan listrik,  baik lampu ruangan mapun peralatan bertenaga listrik lainnya. Aksi tersebut akan dilakukan selama satu jam secara serentak di seluruh Jawa Barat.

Menurut Koordinator Earth Hour Kota Bandung 2019, Saepul Hamdi, menerangkan Earth Hour adalah kampanye global yang diinisiasi oleh WWF sejak tahun 2007 di Sydney, Australia.

Tahun 2009, Earth Hour dimulai di Indonesia, dan dalam sepuluh tahun mencatat sedikitnya 67 kota berpartisipasi. Momen Earth Hour kemudian berubah menjadi gerakan akar rumput, merangkul lebih dari 1500 Volunteer yang tergabung dalam Komunitas Earth Hour di 31 kota di Indonesia.

Baca juga: IKEA Siap Tampung 400 Pekerja, Emil: Maksimalkan Warga KBB

Epul, sapaan akrab Saepul, mengatakan bagi masyarakat yang ingin mengikuti acara tersebut bisa datang langsung ke TSM. Atau jika ingin mengikuti gerakan Earth Hour, bisa mengikutinya dengan mematikan peralatan berenergi listrik di rumah masing-masing.

“Tema yang diusung itu Connect To Earth, maksudnya agar masyarakat memahami sekecil apapun tindakan yang dilakukan masyarakat itu berpengaruh bagi kelangsungan bumi, bahkan sekadar mematikan lampu sekalipun,” ungkap Epul saat jumpa pers di Gedung Sate, Kamis (28/3/2019) kemarin.

Earth Hour 2019, kata Epul, digelar serentak oleh sedikitnya 180 negara di dunia dan 60 kota di Indonesia. Pihak-pihak yang juga akan berpartisipasi dalam Earth Hour 2019 antara lain Gerakan Pramuka, berbagai gedung perkantoran, hotel, pusat perbelanjaan, dan masyarakat umum yang tergabung dalam komunitas-komunitas.

“Beberapa program utama Earth Hour Bandung diantaranya SEMALAM (Serentak Matikan Lampu), SIMARGI (Edukasi Hemat Energi), Kampanye BYB (#BeliYangBaik), dan Aksi Publik (Foodwaste Campaign, E-Waste Campaign, Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 (HPSN)dan berbagai kegiatan lainnya,” kata Epul.

Sementara itu, Manajer komunikasi Earth Hour, Dewi Satriani mengatakan dengan digelarnya kegiatan tersebut bisa membangun kesadaran publik untuk bersikap ramah lingkungan.

“Selain sekadar seremonial acara ini diharapkan dapat mendorong pemerintah dalam membuat kebijakan yang lebih berpihak pada penghematan energi dan pentingnya perilaku ramah lingkungan,” pungkasnya. (Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

Editor: Dian Aisyah

Comment