by

Gara-gara Pakai VPN, Seorang Warga Garut Kehilangan Uang Jutaan Rupiah

BandungKita.id, GARUT – Dibatasinya akses media sosial (medsos) oleh pemerintah pada Rabu (22/5/2019) kemarin, membuat media sosial terpopuler WhatsApp yang paling banyak digunakan juga banyak laporan mengalami gangguan.

Tidak hanya sulit mengirim gambar, video, hingga pesan pun tidak jarang sulit terkirim akibat pembatasan akses medsos yang dilakukan oleh pemerintah. Mengakali hal tersebut banyak para pengguna medsos banyak menggunakan aplikasi VPN yang secara gratis diunduh di playstore.

Namun, penggunaan aplikasi VPN bukan tanpa resiko. Salah seorang warga Jalan Karacak, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Ratna, bukan nama sebenarnya (34) mendapatkan pengalaman tidak menyenangkan karena menggunakan aplikasi VPN.

Betapa tidak uang Ratna yang berada di salah satu Bank Swasta tiba-tiba raib setelah menggunakan aplikasi VPN. “Seriusss demi Allah,” katanya saat dihubungi, Kamis (23/5/2019).

Ilustrasi medsos dibatasi (foto:net)

 

Menurutnya, saldo awal di rekening bank miliknya sebesar Rp 1,8 juta. Setelah itu, dirinya setor tunai sebesar Rp 900 ribu sehingga jumlah total Rp 2,7 juta.

Namun ketika hendak mengecek saldo di Mobile Banking, Ratna dibuat terperangah. Sebab, saldonya sudah ludes alias nol. Padahal dirinya tidak melakukan transaksi.

BACA JUGA :

Sebarkan Pesan Ajakan Meledakkan Kantor KPU, Guru Agama di Garut Diamankan Polisi

 

Selama Musim Mudik, Delman di Garut Dilarang Beroperasi

 

Ternyata, kata Ratna ketika dirinya melapor ke Bank BCA sudah ada enam orang yang mengalami hal yang sama yang melapor.

“Ieu dugi seep (sampai habis), lapor ke (Bank) BCA, sudah ternyata udah 6 orang hari ini termasuk saya yang saldonya terkuras abis,” katanya.

Dirinya hanya mengimbau kepada masyarakat lain yang menggunakan aplikasi VPN agar tidak mengcopot pemasangan aplikasi atau uninstall agar tidak mengalami hal yang sama.

“Cuman kasih tau aja jangan ada yang beransib sama (seperti saya) karena tadi di atas tadi ada (orang) yang nyaranin (pemasangan aplikasi) VPN,” katanya

Dari informasi yang dihimpun maxmanroe.com VPN (Virtual Private Network) adalah suatu koneksi antara satu jaringan dengan jaringan lainnya secara pribadi (private)melalui jaringan publik (internet).

Berikut penjelasan makna dari masing-masing kata pada Virtual Private Network:

Virtual: hal yang tidak nyata atau semu, di dunia maya/ internet

Private: hal yang sifatnya pribadi, tidak bisa diakses sembarang orang. Untuk menjaga kerahasiannya dari jaringan publik maka semua data akan di-enkripsi

Network: jaringan koneksi yang saling terhubung

Jadi, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian VPN adalah hubungan atau koneksi yang terjadi secara virtual pada jaringan tertentu tanpa adanya koneksi riil yang terenkripsi. (M Nur el Badhi/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment