by

Pemdes Tegalluar Siapkan 75 Hektare Lahan untuk Pemindahan Pusat Pemerintahan Provinsi Jabar

BandungKita.id, BOJONGSOANG – Pemerintahan Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung sudah menyiapkan lahan seluas 75 hektare untuk digunakan sebagai pemindahan pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat yang direncanakan Ridwan Kamil.

Kepala Desa Tegalluar Galih Hendrawan mengatakan, ia sempat kedatangan Pansus DPRD Provinsi Jawa Barat yang menanyakan tentang adanya lahan kosong seluas 75 hektare untuk dijadikan kebutuhan rencana pemindahan pusat pemerintahan itu.

“Kemarin ada Pansus DPRD Provinsi Jawa Barat datang menanyakan lahan kosong. Dari luas seluruh wilayah desa yang mencapai 756 hektare, masih ada 75 hektare yang kosong. Kami siap menyediakannya,” ujar Galih di Kantor Desa Tegalluar, Jumat (30/8/2019).

Baca juga:

Bupati Bandung Dukung Rencana Emil Pindahkan Ibu Kota ke Tegalluar

 

Menurut dia, luas lahan kosong yang mencapai 75 hektare itu dinilai sangar representatif dan cukup strategis untuk dijadikan pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Selain tengah dibangun sejumlah infrastruktur seperti Tol Cisumdawu dan Tol Cigatas, juga dekat dengan TOD kereta cepat Bandung-Jakarta.

Galih sendiri mengungkapkan jika masyarakat Tegalluar sangat antusias mendengar rencana pemindahan pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat itu. Jika terealisasi, kata dia, tentu masyarakat mendapat keuntungan.

“Kalau jadi, bisa mengangkat pertumbuhan perekonomian masyarakat, dan tentu mendorong UMKM di Tegalluar untuk semakin maju,” katanya.

Terkait wilayah Desa Tegalluar yang kerap dilanda banjir, Galih mengatakan jika itu dikarenakan program normalisasi Sungai Citarum belum optimal. Pasalnya, wilayah Desa Tegalluar merupakan wilayah pertemuan tiga anak sungai Citarum.***(R Wisnu Saputra)

Comment