by

Jumlah Penduduk dan Jumlah Desa di Jabar Masih Timpang, Pemprov Jabar Lakukan Ini

BandungKita.id, BANDUNG – Perbandingan jumlah penduduk dan jumlah desa di Jawa Barat masih mengalami ketimpangan. Jumlah desa di Jawa Barat saat ini, tercatat ada 5.313. Jumlah tersebut ternyata masih kurang untuk menampung sekitar 50 juta penduduk Jawa Barat.

Kepala Bidang Bina Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat, Wardana menyebut solusi untuk mengentaskan ketimpangan jumlah tersebut adalah pemekaran desa-desa baru.

“Makanya saat ini pak gubernur terus gencar mengupayakan pemekaran desa, salah satunya karena pertimbangan populasi penduduk. Semakin banyak jumlah desa maka dana desa lebih besar, sehingga sangat menunjang untuk memajukan desa,” kata Wardana saat menjadi narasumber dalam Jabar Punya Informasi (Japri), di Gedung Sate, Rabu (25/9/2019).

Baca juga:

Bangun Creative Centre, Pemprov Jabar Rogoh Kocek Hingga Rp 16,6 Miliar

 

Wardana mengatakan, dalam waktu dekat, pihaknya akan mengumpulkan seluruh kepala desa di Jawa Barat. Untuk mengevaluasi penyerapan anggaran desa, dialog, serta pemberian apresiasi pada desa berprestasi di Jabar.

“Jadi kami akan kumpulkan 5.313 desa dan juga lurah, dalam acara Jambore Desa, total sekitar enam ribuan an yang akan hadir disana kita dialog, evaluasi, dan membahas strategi apa yang perlu dilakukan untuk mencapai desa Juara,” kata Wardana.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jawa Barat, Wahyudin mengatakan Jambore Desa akan digelar di Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis pada 27-28 September mendatang dirangkaikan dengan Festival Layang Lakbok.

“Kami bertekad memajukan desa, caranya bisa dengan berbagai cara baik itu pemekaran, atau juga penggabungan desa serta peningkatan akses teknologi, dana soal lainnya, intinya itu nanti yang akan kita bahas,” kata Wahyu.***(Tito Rohmatulloh/BandungKita.id)

Comment