oleh

Cegah Kebakaran Hutan, Ridwan Kamil Imbau Wisatawan Tak Buang Puntung Rokok Sembarangan

Bandungkita.id, NGAMPRAH – Sejumlah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terus terjadi di tanah air. Terbaru, si Jago Merah melahap 15 hektare lahan hutan Obyek Wisata Kawah Putih di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Senin (7/8/2019).

Untuk menanggulangi hal itu tidak terjadi di wilayah lain, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) meminta masyarakat sekitar dan wisatawan tidak membuang sampah sembarangan. Terutama sampah puntung rokok.

Seperti diketahui, aparat menduga penyebab kebakaran hutan dan lahan di Kawah Putih adalah puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh pengunjung.

 

BACA JUGA :

10 Hektare Lahan Hutan Kawah Putih Terbakar

 

Puntung Rokok Wisatawan Diduga Menjadi Biang Kebakaran di Kawah Putih

 

 

“Saya menghimbau para wisatawan agar tidak membuang sampah sembarangan, termasuk puntung rokok. Karena bisa memicu terjadinya kebakaran,” ucapnya saat ditemui di Mason Pine, Kota Baru Parahyangan, Rabu (9/8/2019).

Emil mengatakan saat ini petugas gabungan telah berhasil memadamkan api. Hal itu karena ada bantuan dari cuaca yang mendukung.

Lebih jauh ia meminta masyarakat tetap waspada terhadap kebakaran. Apalagi bencana itu sering muncul saat musim kemarau seperti sekarang.

“Alhamdulillah kemarin hujan, jadi penanganan bisa terbantu. Adapun penanganan di tempat lain masih terus diproses. memang Karhutla ini kerapkali muncul selalu di musim kemarau,” tutupnya.

 

Editor : Azmy Yanuar Muttaqien

Komentar